oleh

Dukung PHBS, KKN 17 Unsil dan Pemdes Karangbenda Gelar Seminar Kesehatan

KBB, KAPERNEWS – Pemerintah Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran bersama KKN 17 Universitas Siliwangi menyelenggarakan seminar kesehatan dengan tema “Meningkatkan Peran serta Masyarakat dalam Upaya Pengoptimalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga Desa Karangbenda”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (24/1) di Aula Balai Desa Karangbenda diikuti peserta seminar sekitar 50 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hadir pada kegiatan tersebut Rachmanissa Utami selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Perangkat Desa, BPD, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), dan Patriot Desa Jawa Barat yang ditugaskan di Kabupaten Pangandaran.

Seminar kesehatan ini dikoordinatori oleh mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi yaitu Afni Nur Anisa yang tergabung dalam kelompok 17 KKN Universitas Siliwangi. Menurutnya, tujuan diadakannya seminar kesehatan khususnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu untuk mengedukasi masyarakat Desa Karangbenda agar membiasakan diri dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama dalam ruang lingkup rumah tangga.

“Seminar kesehatan ini lebih menitikberatkan kepada penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, harapan dengan diadakannya edukasi berupa seminar ini, masyarakat dapat menerapkan apa yang sudah disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran mimnimalnya 10 indikator PHBS,” harapnya.

Di tempat terpisah, Kasih Senjaya, S.TP. Kepala Desa Karangbenda menyambut gembira dan memberikan penghargaan atas inisiatif penyelenggaraan seminar kesehatan ini.

“Tentu kita perlu mendukung dan mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari seminar ini. Semoga peserta yang hadir dalam seminar, khususnya Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dapat mentransfer informasi dan pengetahuan kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, karena kesehatan dan kebersihan lingkungan merupakan aspek yang sangat fundamental dalam tatanan kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Sementara itu, Patriot Desa Jawa Barat yang bertugas di Desa Karangbenda Yudi Nurul Ihwan berharap dengan diadakannya seminar kesehatan ini semoga dapat meningkatkan kepekaan sosial masyarakat terhadap lingkungan sekitar dan masalah yang terdapat di dalamnya.

“Mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat demi meningkatkan kualitas kesehatan di Desa Karangbenda seperti mengurangi kebiasaan merokok, buang sampah sembarangan, buang air besar di sembarang tempat (Open Defecation Free) dan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan,” pungkasnya.

(UDAY/KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed