oleh

Harlah Perdana, JMQH Kabupaten Blora Gelar Khotmil Quran dan Bakti Sosial

BLORA, KAPERNEWS.COM – Khotmil Qur’an dan Bhakti Sosial dalam rangka Harlah ke satu Jam’iyyah Mudarasatil Qur’an lil Hafizhat (JMQH) Kabupaten Blora serentak dilaksanakan di 14 Kecamatan se-Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (27/3/2022).

Ketua JMQH Kabupaten Blora, Nyai Nur Farhati menyampaikan, kegiatan rutin Semaan Qur’an sebagai salah satu upaya untuk memelihara dan menjaga hafalan, juga mempunyai berbagai program kegiatan.

Ketua JMQH Kabupaten Blora Nyai Nur Farhati

“Sebagai bentuk peran serta kami dalam membangun bangsa, memberikan manfaat seluas-luasnya khususnya bagi masyarakat di sekitar lingkungan para Hafizhah tinggal, bergerak bersama membantu masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, walaupun kecil jika bersama akan mempunyai impact yang luar biasa,” terangnya.

Nyai Nur Farhati menjelaskan, JMQH Kabupaten Blora dideklarasikan pada 3 April 2021 tahun lalu, mundur 2 tahun dari rencana awal karena pandemi Covid-19.

Bogorejo Mengaji

“Tapi walaupun begitu sebenarnya kegiatan kita sudah dimulai sebelum resmi dideklarasikan,” terangnya.

Harlah ke-1 JMQH Kabupaten Blora mengambil tema “Al Qur’an Selalu di Hati, Berbagi Menjadi Tradisi” sebagai ungkapan rasa syukur dengan melaksanakan Semaan Al Qur’an 30 Juz yang dirangkai dengan santunan anak Yatim dan Dhuafa.

Istri dokter Jamil Jepon tersebut menambahkan, perkumpulan para Hafizhah (sebutan untuk penghafal Al Qur’an 30 Juz, putri) mempunyai slogan “Hafizhah Berkiprah Indonesia Barokah”.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati Blora beserta seluruh jajarannya yang setahun lalu telah memfasilitasi JMQH untuk deklarasi di Pendopo Kabupaten yang juga diikuti secara serentak di 14 Pendopo Kecamatan Blora, live streaming sehingga terasa sekali syiar Al Qur’an bagi masyarakat Blora.

“Tahun ini genap setahun, kami berharap kiprah para Hafizhah akan semakin dirasakan manfaatnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap semoga ke depan akan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh JMQH.

Selain khotmil Quran, bakti sosial juga dilakukan dalam harlah setahun JMQH Blora

“Baik kegiatan peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi para anggota JMQH sendiri maupun kegiatan-kegiatan sosial,” terangnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pengurus JMQH baik Kabupaten dan Kecamatan dan seluruh anggota JMQH se-Kabupaten Blora yang telah bersama-sama mengupayakan suksesnya kegiatan Harlah JMQH Kabupaten Blora yang perdana.

“Kita berharap dengan jumlah anggota yang sampai saat ini mencapai sekitar 400 Hafizhah dengan kegiatan ini secara bersamaan di tiap kecamatan, keberadaan JMQH akan semakin dirasakan, baik Syi’ar Al Qur’an maupun manfaatnya,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed