oleh

Ada Si Bibir Merah Di Stand Desa Canggu, DPRD Dan Staf Ahli Bupati Lamsel Berikan Apresiasi

-Topik Khusus-1.226 views

LAMSEL, KAPERNEWS. COM – Burhanudin, SH, MH, Staf Ahli Bupati Bidang EKOBANG dan Kemasyarakatan, selaku perwakilan perwakilam dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang didampingi anggota DPRD Lamsel, yakni Jenggis Khan Haikal, SH, MH, dan Halim Nasai beserta rombongan berkunjung di Stand Desa Canggu, setelah usai acara Seremony pembukaan pameran program dan produk unggulan desa ” Semarak Kecamatan Kalianda” resmi di buka.

Dalam kunjungan rombongan di Stand Desa Canggu ini yang langsung terpikat, tertuju dengan Kelapa dengan Bibir Merah atau lebih di kenal dengan istilah CM dan Kelapa Puan. Ini merupakan salah satu produk unggulan yang berada di stand tersebut.

Kegiatan Semarak Kecamatan Kalianda yang di selenggarakan dalam sebuah pameran potensi desa masing – masing dan Kelurahan Sekecamatan Kalianda. Dilaksanakan selama 3 hari yang di mulai pada Tanggal 20 hingga 23 Desember 2019. Di lapangan Cipta Karya Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Jum’at, (20/12/2019).Dalam kegiatan Semarak Kecamatan Kalianda ini, di ikuti sebanyak 25 Desa dan 4 Kelurahan yang ada di kecamatan tersebut dengan resmi dibuka oleh Plt. Bupati Lamsel yang di wakili oleh Staf Ahli Bupati, Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Burhanuddin, SH, MH. Di saksikan serta di hadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamsel, Daerah Pemelihan (Dapil) I Kecamatan Kalianda dan Rajabasa yakni Jenggis khan Haikal dan Halim Nasai.

Anggota DPRD Lamsel dari Partai Demokrat, Jenggis Khan Haikal sangat mengapresiasi dengan upaya yang di lakukan khususnya Desa Canggu, begitu juga dengan desa yang lain.Dengan adanya kegiatan semarak kalianda ini sebagai ajang mengenalkan produk – produk unggulan desa dan bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan perkenomian Masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di Kecamatan Kalianda.

Sementara Imron Herwandi selaku Kades Desa Canggu menyampaikan upaya yang kita galangkan untuk mengembangkan penanaman kelapa bibir merah(CM) dan kelapa puan dengan adanya dukungan PemKab Lampung Selatan, melalui Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

” Kami Pemerintahan Desa (Pemdes) Canggu berinisitif mengembangkan kembali untuk menanami Kelapa dengan bibir merah (CM) dan Kelapa Puan guna untuk mengulang sejarah Komoditi kejayaan alam. Dimana Kabupaten Lampung Selatan pada zaman itu juga merupakan penghasil kelapa terbesar di Propinsi Lampung”. Ungkapnya.

Kades Imron juga mengatakan, “Karena sebagian besar warga masyarakat kita adalah petani maka dari itu, Desa Canggu khususnya untuk mencanangkan kembali penanaman Kelapa dengan bibir merah (CM) dan Kelapa puan guna menjadikan kelapa, sebagai sumber penghasilan utama baik di jual segar maupun dalam bentuk olahan kelapa.” Ucapnya.

Di akhir Imron herwandi Kades Canggu mengatakan, “Harapan kami semoga kedepan dengan dilakukan penanman kelapa bibir merah(CM) dan kelapa puan bisa meningkatkan sumber daya manusia yakni keterampilan pengrajin olahan kelapa dan mperoleh peningkatan pendapatan tambahan bagi warga masyarakat.” Pungkasnya.

 

(SOL/R.YS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed