oleh

Satgas Citarum Sub Andir Sektor 7 Edukasi Budidaya Ikan Lele Di Bantaran Sungai Citarum

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Sektor 7 wilayahnya yang berada Bantaran Sungai Citarum, lahannya dimanfaatkan oleh anggota Sektor 7 bersama warga setempat untuk pelaksanaan kegiatan penanaman sayur-sayuran, palawija, hidroponik, apotik hidup dan budidaya ikan.

Dansektor 7 Satgas Citarum menerangkan bahwa, ” Sub Andir Sektor 7 disela-sela kesibukannya sebagai penjaga Sungai Citarum, memanfaatkan lahan bantaran sungai untuk berkebun atau bercocok tanam juga melakukan pembudidayaan ikan yakni budidaya ikan lele.

Lebih lanjut dikatakannya,” budidaya ikan lele tak harus dilalukan di kolam tanah, cara efektif mengembangbiakkan ikan lele dengan cara mudah menggunakan terpal seperti yang dilakukan Sub Andir “.

Pelda Dodi Daodi selaku Dansub Andir Sektor 7 memberikan edukasi kepada warga setempat tentang budidaya ikan lele dengan media kolam terpal di bantaran Sungai Citarum Kampung Parunghalang, Selasa (27/7/2021).

“Dansub memberikan edukasi budidaya ikan lele, mulai dari menyiapkan media kolamnya, memilih bibit unggul ikan lelenya, melakukan penebaran bibit ikan lele, pemeliharaan ikan lele sampai dengan panen ikan lele. Sub Andir memiliki 2 tempat media kolam ikan lele dari wadah plastik sedang dilapisi terpal berisi masing-masing bibit ikan lele 4 Kg,” jelasnya

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Ikan lele harus diberi pakan tiga kali sehari. Dalam pemeliharaan ikan lele kurang lebih berumur 20 hari, perlu melakukan penyortiran, dipisahkan mana lele yang besar dan kecil masukkan dalam kolam berbeda. Diperkirakan panen ikan lele dapat dilakukan sekitar umur 3 bulan atau 90 hari.

Dansub juga menyampaikan bahwa, ” 4 Kg bibit ikan lele yang sudah ditebar, nantinya bisa menghasilkan sekitar 25 Kg. Besar harapan, warga setempat bisa mempraktekkan budidaya ikan lele di rumahnya masing-masing untuk menambah penghasilan maupun untuk konsumsi pribadi. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed