oleh

Sektor 7 Sub 03 Satgas Citarum Tanam Vertiver

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum beberapa hari ini turun hujan pertanda bahwa akan datang musim penghujan, tentunya sudah ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Seperti sampah-sampah menumpuk harus segera diatasi atau diangkut, memberikan edukasi dan sosialisasi agar tidak membuang sampah di sungai atau tidak membuang sampah sembarangan.

Sub 03 Sektor 7 mengantisipasi musim penghujan agar bantaran Sungai Citarum tidak longsor dan bantaran sungai tidak tergerus aliran air sungai melakukan penanaman Vetiver.
Tanaman Vetiver merupakan sejenis rumput dari India, termasuk dalam famili Poaceae dan sekeluarga dengan sereh atau padi. Sekalipun berjenis rumput, Vetiver memiliki akar yang menghujam hingga kedalaman 2 – 2,5 Meter. Kalau tiga tahun akarnya bisa sampai 3 meter

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano menyebutkan bahwa menanam Vetiver atau yang biasa disebut akar wangi adalah mencegah agar tanah tidak terjadi longsor. Selama ini jajaran Sektor 7 sudah banyak menanam dan merawat atau memelihara Vetiver. Namun kali ini penanaman Vetiver dilakukan karena lahan penanamannya baru ditata bantarannya oleh alat berat (Excavator) yakni di bantaran Sungai Citarum wilayah Sub Sektor Cangkuang Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Senin (4/10/2021).

Dansub Cangkuang Serma Ayi Daud bersama anggota dan para Relawan Citarum melaksanakan kegiatan penanaman Vetiver di bantaran Sungai Citarum. Menurutnya bahwa Kita menjaga Alam maka Alam akan menjaga kita merupakan bagian dari program Citarum Harum yakni dengan menanam Vetiver di sepanjang bantaran Sungai Citarum agar tidak longsor serta mengurangi adanya sedimentasi. Adapun bibit Vetiver yang di dapat dari tanaman Vetiver yang sudah ada tertanam sebelumnya. Dari bibit Vetiver itulah yang diambil dengan akar-akarnya kurang lebih sejumlah 200 bibit Vetiver kemudian ditanam lagi disepanjang bantaran Sungai Citarum. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed