oleh

Sektor 7 Sub Dayeuhkolot Satgas Citarum Harum Bersama Ibu-Ibu PKK Panen Kacang Kedelai

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Sepanjang bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Satgas Citarum lahannya benar-benar dimanfaatkan oleh anggota Sektor 7 bersama warga masyarakat setempat untuk melaksanakan kegiatan bercocok tanam seperti penanaman sayur-sayuran, palawija, hidroponik, apotik hidup dan budi daya ikan.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Jefson Marisano menyampaikan, “pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya nanti dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya juga “.

Tak ketinggalan pula pemanfaatan lahan yang berada di wilayah Sub Dayeuhkolot Sektor 7 Satgas Citarum yang dipimpin oleh Serma Erfin, bersama 15 orang lainnya yakni anggota Sub Sektor dan ibu-ibu PKK Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan panen kacang kedelai sebanyak 50 Kg di Lahan Bios bantaran Sungai Citarum Sub Dayeuhkolot, Selasa (15/6/2021).

” Adapun proses penanamannya dengan menggunakan pupuk cairan Bios 44 untuk menyuburkan lahan tanaman tersebut. Serma Erfin, anggota Sub dan Ibu-ibu PKK setempat bersama-sama panen dengan tujuan agar masyarakat mendapat manfaatnya dan mau terlibat langsung dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya serta juga aktif dalam hal mulai penanaman, pemeliharaan/perawatan sampai dengan memetik hasil panennya, ” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, “kegiatan panen bersama ini sudah sering dilakukan. Tidak itu saja, gerakan penamanan, pemeliharaan/perawatan dilanjutkan panen yang dilakukan oleh Sub Dayeuhkolot di bantaran Sungai Citarum juga bertujuan untuk menghijaukan kembali bantaran sungai yang gersang serta menjaga agar aliran Sungai Citarum tetap bersih bebas dari sampah “.

” Tidak kalah pentingnya agar warga masyarakat setempat ikut ambil bagian dalam program ketahanan pangan berupa ketersediaannya pangan yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia untuk menunjang kebutuhan pangan bagi masyarakat setempat. Alhasil dari panen tanaman kacang kedelai ini dapat dinikmati langsung oleh Ibu-ibu PKK Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot, ” ungkapnya.

Adapun pembelajaran yang dapat diambil dari hasil panen kacang kedelai ini sebagai bentuk edukasi dan kebersamaan anggota Sub Sektor dan Ibu-ibu PKK di setiap kegiatan dari penanaman, pemeliharaan/perawatan sampai dengan panen. (Pendam III/Siliwangi/Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed