oleh

Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Pimpin Panen Sereh Wangi Di Oxbow

KAB. BANDUNG, KAPERNEWS.COM – Dansektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Arh Didik Suswandi, S.Sos., pimpin panen serehwangi di Oxbow Kampung Cigebar Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang Kab. Bandung, Minggu (15/8/2021).

Panen serehwangi ini telah dilakukan beberapa hari kebelakang dan hingga hari ini masih terus berlanjut hingga ke Sub-sub Sektor 6 lainnya.

Dansektor 6 Satgas Citarum Kolonel Arh Didik Suswandi, S.I.P menuturkan bahwa,” Sektor 6 di wilayah Bojongsoang sedang melaksanakan penen daun sereh wangi. Pohon serehwangi yang telah kita tanam enam bulan lalu sudah saatnya kita penen dan akan kita kirim ketempat penyulingan yang akan menghasilkan minyak serehwangi yang bernilai ekonomis “.

Selanjutnya Dansektor 6 katakan, “disepanjang bantaran sungai citarum ini sudah kita tanami pohon serehwangi, diperkirakan sudah ada sekitar 2.000 onggokan pohon serehwangi yang siap untuk dipanen. Pohon serehwangi ini dapat memberikan nilai tambah atau nilai ekonomi karena pohon serehwangi ini bisa dijual dan disuling”.

Pohon serehwangi bisa dihargakan sekitar 500 atau 600 rupiah perkilogramnya. Jadi kalau masyarakat mau tanam pohon serehwangi disepanjang bantaran sungai Citarum tentunya akan dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Pohon sereh wangi juga dapat memperkuat bantaran, memperkuat aliran sungai agar tidak terjadi abrasi dan mencegah sedimentasi,” jelasnya.

Panen sereh wangi ini juga dilakukan oleh Sub-Sub Sektor dijajaran Sektor 6 lainnya diantaranya Subsektor Bojongsoang, SubsektorJelekong, Subsektor Wargamekar dan Subsektor Bojong Sari.

“Panen sereh wangi yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut mendapat hasil sebanyak 5 ton. Selanjutnya daun serehwangi tersebut akan diproduksi atau disuling untuk menghasilkan minyak sereh wangi, “terangya.

Selain itu kata Dansektor 6 Kolonel Arh Didik Suswandi, dalam mewujudkan ketahanan pangan, Sektor 6 juga menanam jagung, pepaya, sayur-sayuran. Ikan tawes, ikan nila, ikan mata merah dan ikan patin. Dan juga ada tanaman pohon keras seperti buah mangga, rambutan, pete dan pohon lainnya yang nanti hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat disekitarnya”. (Pendam III/Siliwangi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed