oleh

Rangkaian Peringatan WCD di KBB, Gabungan Komunitas Gelar Aksi Bersihkan Sampah

KBB, KAPERNEWS – Puluhan orang yang berasal dari berbagai komunitas mengikuti aksi bersih-bersih dalam rangkaian kegiatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2021 Kabupaten Bandung Barat yang dimulai di wilayah Kecamatan Padalarang, Minggu (12/9).

Dalam kegiatan yang dimulai di halaman Ramayana Padalarang dan berlanjut melakukan aksi bersih-beraih sampah di TPA liar ini juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat, Camat Padalarang, Sekcam Padalarang, dan juga Kepala Desa Kertamulya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat Anugrah mengatakan acara bersih-bersih sampah dan pisah-pisah sampah ini merupakan dalam rangka World Cleanup Day tahun 2021 yang acara puncaknya nanti di Cisarua.

“World Cleanup Day ini dimulai dari Kecamatan Padalarang, Alhamdulillah dari mulai Pak Camat, pak Kades dan berbagai Komunitas Lingkungan memulai pisah-pisah sampah,” ujarnya.

Sambung Anugrah, dimulai dari lingkungan sekitar dan juga nanti bisa disosialisasikan di lingkungan masyarakat, di pabrik-pabrik, di RW-RW di wilayah-wilayah yang memang banyak sampah.

“Saya harapkan mungkin nanti dari komunitas ini bisa kepada masyarakat sekitar sehingga sampah-sampah yang ada di sekitar padalarang ini bisa diangkut dan bisa bersih lingkungannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada kesempatan ini mungkin tidak semua wilayah di padalarang tidak bisa dilayani jadi cuma sebagian kecil wilayah yang bisa dilayani, diharapkan dari desa, masyarakat, nanti mengelola sampahnya sendiri melalui bank sampah, sehingga nanti sampah-sampah disini tidak menjadi masalah.

“Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sangat mendukung acara seperti ini, mudah-mudahan nanti kedepan wilayah padalarang ini bisa bersih dari sampah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Camat Padalarang Dudi Supriyadi mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Plt. Bupati Bandung Barat, Kadis Lingkungan Hidup KBB, rekan-rekan semuanya para relawan. Karena kehormatan yang sangat luar biasa rangkaian pertama World Cleanup Day tahun 2021 ini dilaksanakan di Padalarang.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah pengingat kepada masyarakat bahwa bagaimana pentingnya menjaga kebersihan yang ada dilingkungan kita,” ungkapnya.

“Untuk masyarakat Padalarang buanglah sampah pada tempat yang semestinya dan kita harus senantiasa menjaga lingkungan kita, dan insya alloh lingkungan menjaga kita semuanya,” pesan Dudi menambahkan.

Terpisah Kordinator tim WCD Kabupaten Bandung Barat Toni Permana berpesan jangan buang sampah sembarangan itu udah pasti, kita bijak terhadap sampah.

“Pilah sampah dari dumah, pilah sampah jadi rupiah yang berkah itu saja tujuannya orasi-orasi dan kampanye-kampanya kami di lingkungan hidup,” ujarnya.

Ketika ditanya perihal tumpukan sampah di TPS liar yang berada di areal jalan provinsi Toni merasa miris dan menyayangkan perilaku membuang sampah sembarangan.

“Kalau dikatakan lebay selalu menangis melihat TPS-TPS liar apalagi di jalan provinsi. Tapi tetap kami meskipun tidak di WCD juga, kami terap bergerak menyelamatkan sampah-sampah liar, cuma berhubung terkendala armada jadi kami sedapatnya saja,” ungkapnya.

“Pesan kepada masyarakat ya sadar sampahlah, mari kita ikuti jejak kami disini di bank sampah yaitu pilah sampah dari rumah, pilah sampah jadi rupiah yang berkah, itu saja. Sehingga nantinya kita bukan pindah sampah, tapi olah sampah dan kami di bank sampah siap mengelola,” pungkas Toni.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed