oleh

Anggota DPR RI Komisi IV Gandeng BPTP Jabar Guna Dapatkan Benih Unggul kedelai Di Desa Cihaurkuning

GARUT, KAPERNEWS.COM – Untuk bisa menghasilkan benih yang berkualitas dan bersertifikat Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Jabar Gandeng BPTP Jabar untuk penerapan teknologinya yang bekerjasama dengan petani Desa Cihaurkuning Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Tanam perdana benih kedelai di lahan carik desa di Blok Pangauban seluas 12 Hektar oleh Camat Kecamatan Malangbong, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa Cihaurkuning dan diikuti oleh para petani dengan semangat karena mendapat dukungan dari semua pihak, Sabtu 30/10/2021.

Yayat SE Selaku Perwakilan dari Kepala BPTP Jabar yang saat di lokasi ditemani oleh Dr. Tri Hastini SP, M.Si., sebagai peneliti di BPTP menjelaskan, ini merupakan tanam perdana benih kedelai yang dilaksanakan BPTP Jawa Barat bekerja sama dengan anggota DPR RI Dapil IV dapil XI Jawa Barat Bapak Haerudin seluas 15 Hektar yang terbagi di 3 desa yaitu Desa Cihaurkuning, Desa Sukarasa dan Desa Sukajaya alhamdulillah antusiasme para petani sangat luar biasa mudah mudahan terus bisa berkembang dan Varietas yang ditanam ini ada 4 jenis Varietas diantaranya Anjasmoro, Dega 1, Biosoy dan Dena 1.

Tri Hastini pun menambahkan, kedelai yang akan di kembangkan disini merupakan kedelai yang berbiji besar ke empat varietas ini punya keunggulan masing – masing kalau Anjasmoro ini cantik penampilannya dan virietas ini adalah varietas sejuta umat yang disukai oleh para petani dan sudah banyak ditanam dimana – mana kalau Dega 1 adalah varietas baru keunggulannya umurnya lebih genjah kemudian Dena 1 itu toleran naungan dan biosoy itu punya kandungan yang manis dan kandungan proteinnya lebih tinggi tapi itu semua tentunya perlu perawatannya dan perhatian dengan teknologi agar bisa menghasilkan yang diharapkan imbuhnya.

Kepala Desa Cihaurkuning Iwan Lukmansyah juga turut memberikan keterangan kepada awak media perihal penanaman benih kedelai tersebut, penanaman benih kedelai ini merupakan sebagai percontohan di Kabupaten Garut dan berharap benih kedelai ini bisa memenuhi permintaan pasar dan kedepannya mudah mudahan Desa Cihaurkuning ini bisa me jadi sentra benih kedelai unggulan.

Hasil dari kedelai nanti akan ada penampung yang siap membeli dan kedepan BUMDes Desa Cihaurkuning akan hadir untuk legalisasi hasil tani desa cihaurkuning adalah hasil kerjasama BUMDes bersama warga masyarakat dan petani Desa Cihaurkuning.

Iwan berharap kepada para petani juga warga masyarakat agar bertani secara kontinyu bukan hanya ada kegiatan ini saja mudah mudahan kedepan lebih inovatif dan kreatif dengan didampingi oleh BPTP, untuk warga lainya agar bisa mengikuti karena pertanian adalah salah satu sumber potensi desa kami.

Ucapan syukur Alhamdulillah di panjatkan oleh Iwan, kami mendapat bantuan benih kedelai ini dari Anggota DPR RI dan dimohon juga agar Infrastruktur yang menuju lokasi pembibitan kedelai juga mendapat bantuan karena kondisinya sangat memprihatinkan mengakhiri pembicaraan.(Riyadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed