oleh

Kampung Wisata Buah Desa Cihaurkuning Sasaran Program UPT Pertanian

GARUT, KAPERNEWS.COM – Melihat dari luas lahan yang belum tergarap dan diolah menimbulkan Pekerjaan rumah bagi PPL Desa Cihaurkuning Kecamatan Malangbong- Garut untuk dijadikan nilai ekonomis bagi masyarakatnya dan tergerak untuk dijadikan potensi yang bisa menjanjikan agar bisa dikembangkan, maka dari itu diperlukan pemikiran dan strategi yang tepat dan mengena terhadap para petani yang akan menggarapnya berbagai masukanpun ditampung tatkala 3 orang Penyuluh mengadakan diskusi yang di hadiri 10 orang petani di kebun milik warga, Selasa 07/9/2021.

Budi Selaku PPL Desa Cihaurkuning yang saat itu turut ditemani Yeni PPL Desa Cisitu dan Wawan PPL Desa Sukaratu menuturkan, diskusi ini merupakan langkah awal untuk menselaraskan program pemerintah ke masyarakat kita tampung masukan dari mereka untuk dijadikan acuan pengajuan kepada pemerintah jelasnya.

Dari hasil diskusi tersebut keluarlah kesepakatan dan kesiapan para petani untuk menanam buah mangga yang nantinya akan dijadikan komoditas unggulan desa cihaurkuning dan wacana kedepan menjadi Desa Wisata buah berbasis mangga yang tentunya tujuan akhirnya meningkatkan perekonomian warga, disamping itu juga kita akan uji coba menanam nilam untuk tumpangsarinya untuk dijadikan minyak atsiri imbuh Budi.

Sebagai role model dalam program ini untuk sementara anggota yang hadir, nantinya tatkala sudah kelihatan hasilnya memuaskan kita kembangkan lagi, ini semata mata untuk mencetak dan menggugah petani milineal karena hal tersebut sudah menjadi masalah nasional imbuh Wawan.

Di akhir sesi pertemuan, petani berdiskusi perihal kendala yang selama ini sering dialami dalam hal penanaman yang efektif maupun pemeliharaan, berbagai arahan diberikan dan solusi yang baik untuk menjadi cara bertani yang cerdas, efektif dan menjajikan. (Riyadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed