oleh

Sambangi Pengrajin Gerabah, Bunda Ainia Dorong Pengembangan Potensi Daerah

BLORA, KAPERNEWS.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd. AUD, M.Pd. BI menyambangi salah satu pengrajin gerabah yang berlokasi di Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/11/2021).

Dalam kunjungan tersebut, istri Bupati Arief Rohman yang akrab disapa Bunda Ainia juga mencoba membuat kerajinan gerabah dengan didampingi ketua serta disaksikan anggota pengrajin dengan penuh antusias.

Bunda Ainia Arief Rohman mencoba membuat gerabah di Desa Balong

“Ini merupakan potensi daerah yang perlu dikembangkan, mendorong pertumbuhan dan membangkitkan ekonomi kreatif dengan pelatihan, pembinaan dan pengembangan,” terangnya.

Setelah mencoba pembuatan gerabah, Ketua TP-PKK Kabupaten Blora Bunda Ainia memberikan sambutan serta motivasi dalam pembuatan dan pengembangan produk kerajinan yang ada.

Sementara itu, Susanto selaku Ketua Pengrajin Gerabah mengatakan bahwa pembuatan kerajinan gerabah keramik ini sebenarnya sudah 4 tahun lalu.

“Sebenarnya tempat pengrajin ini sudah berdiri pada tahun 2017, dikarenakan ada pandemi sempat vakum. Dan alhamdulillah sekarang sudah bergeliat lagi, karena status level di Blora juga sudah mulai melandai, ini menjadi moment terbaik untuk kita mengembangkan wisata edukasi di Desa Balong,” paparnya.

Dalam pesanan kerajinan pihaknya masih sekitar lokalan yang meliput wilayah Blora dan sekitarnya.

“Ya seperti Rembang dan Tuban,” ucapnya .

Susanto mengaku sempat mengalami kendala modal dan pemasaran sehingga mengakibatkan vakum untuk beberapa waktu dan sekarang sudah mulai bisa diatasi dengan adanya media sosial kita bisa terbantu untuk penjualan.

“Ke depan tetap ramai kunjungan di sini, mulai kunjungan edukasi anak-anak tingkat TK, SD, SMP sampai kuliah pun bisa belajar di sini, dengan harga Rp 15 ribu bisa mencoba membuat dan membawa pulang hasil karyanya sendiri,” tutupnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed