oleh

Mahasiswa KKN-T IPB University Kunjungi Desa Mertapada Kulon, Bahas Potensi dan Program Strategis Pembangunan Desa

CIREBON, KAPERNEWS.COM – Kelompok Mahasiswa IPB University melakukan kunjungan ke kantor Desa Mertapada Kulon, Astanajapura, Cirebon dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). KKN-T merupakan mata kuliah wajib untuk syarat kelulusan S1 dengan mengabdi kepada masyarakat desa di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini sebagai implementasi ilmu yang selama ini didapat dari perguruan tinggi kepada masyarakat. Kelompok KKN-T yang bertugas di Mertapada Kulon dibimbing oleh Muhammad Aries dan beranggotakan Muhammad Zaidan Ahsan sebagai ketua kelompok, Ridho Utama Yusuf sebagai wakil ketua kelompok, Puspita Anahal sebagai hubungan masyarakat, Ahmad Jaabir sebagai koordinasi logistik, Sanaya Nafa Adhira sebagai bendahara, Wani Datu’salamah sebagai sekretaris, Rizma Maliyatuz Zakiyyah, dan Syifa Istighfarani sebagai seksi dokumentasi.

Kunjungan kali ini bertujuan megobservasi mengenai potensi dan masalah yang ada di Desa Mertapa Kulon yang nantinya akan menjadi program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University sebagai solusi dan pengembangan dari masalah dan potensi tersebut. Berdasarkan pemaparan Pak Nanang selaku sekretaris desa Mertapada Kulon, masalah yang ada di desa ini yaitu stunting dan penanggulangan sampah.

Kunjungan ke Balai Desa juga membahas kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah bazar UMKM yang akan dilaksanakan tanggal 25 juni 2022 di kantor Kecamatan Astanajapura bertujuan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat.  Mahasiswa juga menyapa dan memperkenalkan diri kepada perangkat desa.

“Kalian harus bisa menjaga diri, kesehatan, dan nama baik instansi. Semoga pelayanan yang diberikan oleh desa berkenan dan dapat diterima,” pesan Arie selaku bhabinkamtibmas.

Acara ditutup dengan penyerahan benih tanaman dari IPB dan buah tangan sebagai bentuk simbolis dan peresmian kegiatan KKN-T 2022 di Desa Mertapada Kulon, Kabupaten Cirebon. (Muhammad Zaidan Ahsan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed