oleh

Ikuti Festival Bunga dan Buah Nusantara 2023, Tim PKM-K IPB Kenalkan Produk Pakan Inovasi

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba. Komoditas usaha yang diinisiasi oleh mahasiswa dapat berupa barang ataupun jasa yang menjadi salah satu modal dasar dalam berwirausaha dan memasuki pasar. Sehingga pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat ataupun mitra lainnya

Salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) IPB University berhasil memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikburistek) Republik Indonesia tahun 2023.

Tim yang beranggotakan Shella Febby Anggraini dari Departemen Agronomi dan Holtikultura yang beranggotakan Achmad Ibrahim, Arum Setiyo Wati, Qibtiyatul Masruroh dari Departemen Agronomi dan Holtikultura, dan Balqis Naila Ath-Thifa dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan yang berada dalam bimbingan Dr. drh. Yusuf Ridwan, M.Si., dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University ini mengusung produk Fitomin. Fitomin merupakan pakan mengandung fitobiotik yang dapat mengatasi infeksi cacing dan mengurangi bau feses pada kucing.

Produk Fitomin merupakan pakan kucing berbentuk pellet yang dikemas dalam standing pouch berukuran 500 gram. Produk ini dibandrol dengan harga Rp 30.000 per kemasan. Dalam pembangunan tersebut, Tim PKM-K IPB University melakukan pemasaran produk Fitomin secara online dan offline.

Media promosi online yang digunakan adalah Instagram, TikTok, dan WhatsApp. Sedangkan media promosi offline adalah dengan mengikuti event/bazar. Salah satu kegiatan bazar yang diikuti oleh Tim PKM-K ini adalah bazar pada kegiatan Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2023.

Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) 2023 dilaksanakan pada 22-24 September 2023 di Kampus IPB Baranangsiang, Jalan Pajajaran, Kota Bogor. Gelaran FBBN ke-10 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis IPB University ke 60. Dalam kegiatan ini Tim PKM-K IPB University mengambil kesempatan untuk mempromosikan Fitomin kepada masyarakat luas selama 3 hari rangkaian FBBN 2023.

“Terlepas dari kegiatan PKM-K, harapannya produk inovasi Fitomin dapat semakin berkembang dan mencapai target pasar lebih luas dan merata ke berbagai daerah sehingga dapat memperkenalkan manfaat yang terkandung didalamnya.” Ujar Qibti, Chief Marketing Officer Tim PKM-K IPB University. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed