Darwin Nasution : Petani Indonesia Banyak Tugas, Pekerja Kantoran Satu Tugas

0
844
poto : Darwin Nasution

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Menko Perekonomian Darwin Nasution menyampaikan bahwa petani di Indonesia memiliki berbagai tanggungan hidup serta pekerjaan yang lebih berat dibandingkan menjadi karyawan kantoran. Ungkapnya saat menjadi pembicara di Musyawarah Nasional, Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dijelaskan Darwin, petani memiliki penghasilan yang musiman, sehingga mengharuskan para petani Indonesia untuk mencari nafkah di bidang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Slain itu, petani di Indonesia memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, berbeda dengan karyawan yang hanya memiliki satu tugas untuk dikerjakan.

“Apa bedanya employment di pertanian dengan perusahaan. Pertanian itu komposit, komposit itu adalah orang yang kerjanya macam-macam, dia tidak bisa hidup hanya untuk satu macam, jadi tukang bangunan di kota, buruh di mana, pedagang di mana dan seterusnya. Artinya petani kita adalah orang- orang yang kerjanya jauh lebih keras dari kita semua karena pekerjaannya macam-macam,” ujar Darmin di Ballroom IPB Internasional Concnvention Center, Bogor, Sabtu (16/12/2017).

Mengingat dari total luasnya kepulauan di Indonesia, hanya 33% nya merupakan daratan. Dari 33% tersebut, hanya 33% lahan yang merupakan kawasan yang bisa dikelola dan dioptimalkan oleh petani untuk mensejahterakan diri, mengingat lahan sisanya masih berupa kawasan hutan. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here