oleh

Program Kelorisasi Pekarangan Kodim 0421/ Lamsel Upaya Atasi Stanting

LAMSEL, KAPERNEWS. COM – Membuahkan hasil Kodim 0421/Lamsel yang bekerja sama dengan Perpustakaan “Cinta Baca” Desa Bulok Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, dengan membuat Es Krim daun Kelor, Teh daun Kelor, dan Roti daun Kelor. Perpustakaan “Cinta Baca” Desa Bulok kini bertransformasi yakni bukan hanya menjadi sebagai tempat buku bacaan, akan tetapi berinovasi dengan membuat Es Krim berbahan dasar dari daun Kelor, Teh Daun kelor, Roti Daun Kelor tersebut.

Berawal munculnya gagasan ini yang menjadi inspirasi terkait dengan penanganan Stanting. Pasalnya dari dalam daun Kelor banyak sekali terdapat kandungan – kandungan berbagai macam khasiat yang ada di dalamnya. Alhasil inovasi yang di lakukan ini banyak di minati masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Hal ini di sampaikan dan di jelaskan oleh pak Pujo selaku pengurus Perpustakaan Cinta Baca Desa Bulok Kecamatan Kalianda, saat di Kantor Desa Bulok mengatakan, “Bahwa inovasi Es Krim daun Kelor ini bisa produksi, semua bisa terlaksana dan berjalan, berkat dukungan dari Kepala Desa Bulok yakni Kuswanto yang sudah membelikan mesin giling untuk produksi secara kwantitas setahap demi setahap”. Katanya.

Pujo melanjutkan, ” Tak lepas juga suport dari komandan kodim 0421/ LS Letkol Kav Robinson Oktavianus Bessie dalam tahap awal kodim 0421Lamsel telah memberikan 5.000 batang bibit pohon kelor kepada Desa Bulok dan pihak Kodim 0421/Lamsel bersedia mendukung bibit bila masih membutuhkan. Karena, kami sangat terkendala akan bahan dasar produk kami dari daun Kelor. Tentunya atas kerjasama ini kami sangat berterima kasih kepada bapak komandan kodim 0421/ LS.” Ucapnya.

Sementara pihak Kodim 0421/ LS yang peduli dan ikut serta dalam menuntaskan gizi buruk (Stanting). Dengan membagikan sejumlah bibit pohon kelor disetiap desa di wilayah Kodim 0421/Lamsel.

Seperti yang di sampaikan oleh komandan Kodim 0421/Lamsel letkol Kav Robinson Oktavianus Bessie mengatakan, “Progam Kelorisasi pekarangan yang sudah di canangkan oleh Kodim 0421/Lamsel harus berjalan, kami peduli terhadap kesehatan masyarakat, dan masyarakat diharapkan untuk menanam pohon Kelor dan merawatnya dan apa bila masyarakat mau menanam bibit Kelor silakan minta saja ke Koramil dari pihak Korami akan membantu”. Paparnya.

“Kelorisasi ini di canangkan dan sudah menyiapkan sebanyak 250.000 bibit pohon Kelor agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkannya dan mengkonsumsinya sebagai pokok makanan jenis sayuran ini yang memiliki banyak khasiat. Kami sudah buat kebun percontohan di setiap Koramil”. Pungkasnya.

(Irgi/ Yogi/R.YS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed