oleh

ABR Berupaya Bangun Ekonomi Masyarakat di Sektor Pertanian dan Peternakan

KBB, KAPERNEWS – Dalam upaya membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Bandung Barat di sektor pertanian dan peternakan, Ketua DPD PAN Kabupaten Bandung Barat Asep Bayu Rohendi mengadakan silaturahim sekaligus halal bihalal dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Agri Mandiri Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Senin (07/06).

Dalam arahannya ABR yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat ini menyampaikan pada anggota Gapoktan dan KWT Agri Mandiri bahwa tantangan zaman semakin keras, para petani dan peternak sudah harus melek teknologi. Mulai dari penanaman, pemanenan dan penjualan harus berbasis teknologi.

“Tidak boleh lagi ada kalimat, dulu juga cara bertani kami seperti ini, dan kami dulu itu berhasil. Kalau cara berpikirnya seperti itu saya pastikan anggota Gapoktan dan KWT Agri Mandiri akan tertinggal dan terlindas jaman,” ungkapnya.

Sambung ABR, Contoh dipemasaran hasil pertanian, orang lain sudah memanfaatkan pasar online (dalam jaringan) kita juga harus bisa memanfaatkan pasar tersebut.

Bandung Barat itu tidak boleh lagi tertinggal secara ekonomi, karena letaknya yang strategis, disebelah timur ada Kota Bandung yang dari padalarang cukup ditempuh dalam waktu 30 menit lewat jalan tol sudah sampai pasar induk caringin.

Disebelah barat ada Kabupaten Bekasi, dalam waktu 1 jam 30 menit sudah sampai pasar Cibitung, kebarat lagi ada pasar Jatinegara Jakarta. Konsumen di Kota Bandung itu kebutuhan telor ayam broiler setiap harinya butuh 240 ton dan itu didatangkan dari Kabupaten Blitar yang jarak tempuhnya 2 hari baru sampai Kota Bandung.

“Ini hal yang sangat menyedihkan, Gapoktan Bandung Barat bisanya menonton dan mengeluh saja. Karena itu mari bersama sama Gapoktan dan KWT bersatu padu dengan Partai Amanat Nasional membangun ekonomi dari sektor pertanian,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Desa Gunung Masigit Tarkopa menyambut baik kegiatan ini dan merasakan betul manfaat kehadiran Partai Amanat Nasional yang diwakili Asep Bayu Rohendi.

“Dari dulu desa ini mendukung partai yang lain dan tidak ada perubahan yang signifikan terhadap pembangunan desa. Kemudian masyarakat disini beralih memilih Partai Amanat Nasional dan Partai PAN menang terpilihlah Bapak Asep Bayu Rohendi sebagai anggota DRPD. Hari ini kemajuan pembangunan Desa Gunung Masigit luar biasa pesatnya, mulai dari infrastuktur jalan, bedah rumah tidak layak huni, pengembangan pendidikan, ekonomi perdagangan dan pertanian, kepemudaan semua betkembang sangat pesat,” ungkapnya memaparkan.

Sambung Tarkopa, ini ada Aki Aud saksi sejarah dan penerima manfaat bedah rumah yang dilakukan Asep Bayu Rohendi sepuluh tahun yang lalu.

“Saya sebagai kepala desa mengucapkan terimakasih, dan saya juga amanatkan kepada rakyat desa Gunung Masigit untuk menjaga amanah perjuangan kebaikan Partai Amanat Nasional,” harapnya.

Sementara itu ketua Gapoktan Melati Agri Mandiri Aki Oding menyampaikan siap bekerjasama untuk kemajuan dan kemakmuran anggotanya.

“Saat ini yang jadi kesulitan para petani adalah pupuk. Sudahlah mahal dan sulit dipasaran,” terangnya.

Sedangkan Eky Syamsul Hidayat dari BPP Provinsi Jabar dan Dimas Rizky Petugas POPT Kecamatan Cipatat dengan senang hati untuk berbagi ilmu dengan para anggota Gapoktan supaya lebih maju dan berkembang.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed