oleh

Bangun Saluran Irigasi Guna Tingkatkan Hasil Pertanian, Ketua P3A Tirta Mandala : Terima Kasih Bu Iis

KBB, KAPERNEWS – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirta Mandala, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat membangun saluran irigasi tersier di Kampung Warung Jambe.

Sebagai penerima manfaat bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, kelompok P3A Tirta Mandala memberdayakan puluhan masyarakat sekitar dalam pembuatan saluran irigasi tersier yang merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

Ketua kelompok P3A Tirta Mandala, Mahmudin kepada kapernews.com menjelaskan, bantuan pembangunan irigasi tersier biasa disebut P3TGAI berasal dari Pokir Iis Rosyita anggota DPR RI Fraksi Gerindra dari Dapil Jabar 2 mencangkup Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

“Program P3TGAI dari Pokir bu Iis Rosyita ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para petani. Aliran air yang sering hilang ditengah jalan tentunya tidak akan lagi terjadi di kemudian hari karena dinding saluran kini berubah, dari tanah menjadi pasangan batu/lining,” ungkapnya.

Selain itu, sambung ia, sesuai aturan pekerjaan dilakukan secara swakelola, makanya yang terlibat dalam pembangunan irigasi tersier ini merupakan petani dan warga masyarakat setempat.

“Puluhan orang berasal dari warga setempat dilibatkan dalam pembangunan irigasi. Dengan begitu selain memberdayakan warga masyarakat, secara tak langsung mereka pun ikut bertanggung jawab terhadap kualitas pembangunan, karena saluran irigasi tersier ini manfaatnya tentu bagi masyarakat setempat, khususnya para petani,” terangnya.

Lebih jauh, Mahmudin berharap agar kedepan warga setempat maupun para petani dapat secara bersama-sama untuk turut merawat saluran irigasi tersier tersebut.

“Terima kasih bu Iis Rosyita, mudah-mudahan setelah pembangunan saluran irigasi ini selesai, air dapat mengalir dengan lancar dan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian para petani,” tandasnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed