oleh

Petilasan Mbah Pojok, Walau Jenazah Sudah Dipindah Tapi Masih Diziarahi

BLORA, KAPERNEWS.COM – Lokasi ini diperkirakan merupakan tempat singgah Mbah Pojok yang melakukan gerilya. Sehingga dapat digambarkan bagaimana kisah perjalanan perjuangan Mbah Sunan Pojok dahulunya.

Sunan Pojok yang akrab disebut dengan Mbah Benun adalah Pangeran Surobahu Abdurrohim. Beliau adalah seorang perwira dari Mataram yang berhasil memadamkan kerusuhan di pesisir utara Tuban. Sekembalinya dari Tuban di perjalanan ia jatuh sakit dan meninggal dunia di Dukuh Pojok Buluroto turut Kecamatan Kota Blora Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Petilasan Mbak Pojok di Desa Buluroto

Jenasah beliau disemayamkan di sini sebelum dipindahkan ke tempat baru yaitu di kompleks makam yang terletak di sebelah selatan Alun-Alun Blora. Diapit pohon Serut dan Kedinding yang cukup besar.

Konon walau sudah ratusan tahun dikebumikan, namun jenasah yang dipindahkan masih utuh. Yang hingga hari ini tidak pernah diberitakan, dalam prosesi pemindahan jenasah tersebut dikabarkan banyak orang mengalami kebutaan hingga sakit jiwa.

Masih sering diziarahi

Petilasan Mbah Pojok, walau sudah ditinggalkan, namun bekas makam tersebut sampai saat ini masih dipelihara dan dihormati oleh masyarakat. untuk melakukan ziarah dan laku spiritual.

Untuk info lebih lanjut kunjungi:
https://dinporabudpar.blorakab.go.id/

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed