oleh

Ziarah Makam Sunan Pojok, Ayah Bupati Blora Joyodipo

BLORA, KAPERNEWS.COM – Makam Sunan Pojok terletak di jantung Kota Blora, tepatnya di sebelah utara Pasar Blora. Lokasi ini diperkirakan merupakan tempat awal pemerintahan Kabupaten Blora. Sehingga dapat digambarkan asal mula Kabupaten Blora.

Dari data-data yang diperoleh , diketahui bahwa Sunan Pojok adalah Pangeran Surobahu Abdurrohim, yang sebetulnya adalah seorang perwira dari Mataram yang berhasil memadamkan kerusuhan di pesisir utara Tuban. Sekembalinya dari Tuban di perjalanan ia jatuh sakit dan meninggal dunia di Dukuh Pojok, Desa Buluroto, Blora. Oleh putranya, kemudian dipindahkan pada tempat yang sekarang. Karena itu ia dikenal pula sebagai Pangeran Pojok.

Makam Sunan Pojok yang ramai dikunjungi peziarah

Makam tersebut sampai saat ini masih dipelihara dan dihormati oleh masyarakat. Berkat jasa Pangeran Pojok, maka putranya yang bernama Joyodipo diangkat sebagai Bupati Blora yang pertama (Dinasti Surobahu Abdurrohim), setelah wafat digantikan putranya Joyowiryo, kemudian Joyokusumo yang keduanya setelah wafat dimakamkan di lokasi makam Pangeran Pojok Kauman.

Tulisan di dinding kompleks makam Sunan Pojok

Makam ini sering diziarahi oleh masyarakat banyak pada malam Jum’at Pon. Sedangkan haulnya diadakan pada bulan Suro. Di mana saat perayaan haul dihadiri peziarah dari berbagai wilayah Blora dan luar kota, seperti Rembang, Pati, Kudus, Grobogan, Tuban dan lain sebagainya.

Untuk info lebih lanjut kunjungi:
https://dinporabudpar.blorakab.go.id/

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed