oleh

DLH Kabupaten Garut Targetkan 20 Kampung Iklim Di Tahun 2022

GARUT, KAPERNEWS.COM – Perubahan iklim yang berlangsung di dunia sangat memprihatinkan berbagai upaya telah dilakukan oleh para pemangku kepentingan baik itu pegiat dan aktivis lingkungan serta masyarakat secara umum yang menyadari akan pentingnya  menyelamatkan bumi agar hijau.

Program Kampung Iklim adalah suatu program berwawasan iklim dan lingkungan berlingkup nasional yang dibuat langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH). Dalam pelaksanaan Proklim, KLKH menggandeng langsung pemerintah daerah sebagai eksekutor dan masyarakat umum sebagai partisipan aktif.

Alasan utama dibuatnya Proklim adalah untuk menguatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca di samping itu dalam jangka panjang keberlanjutan iklim dan lingkungan yang baik tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi yang terdapat di daerahnya masing-masing.

Demikian dengan dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Garut setiap tahun targetkan program kampung Iklim antara 10 sampai dengan 20.

Kepala bidang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan pada Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Garut Nanang ST menjelaskan secara Gamblang tentang Program Kampung Iklim di Kabupateb Garut. Senin 28/3/2022

Disampaikan Kabid PPKL Nanang bahwa program kampung iklim adalah program yang di targetkan secara nasional dimana Presiden Indonesia Joko Widodo telah menargetkan 20.000 titik untuk program kampung iklim di seluruh indonesia dan ini harus di tafsirkan oleh seluruh Kabupaten Kota .

“Program kampung iklim ini adalah program nasional dimana pak Presiden Joko Widodo telah menargetkan 20.000 titik program kampung Iklim yang tersebar di seluruh Indonesia ”

Lebih lanjut Kabid PPKL pun menjelaskan bahwa untuk Kabupaten Garut Sendiri tiap Tahun telah menargetkan antara 10 s/d 20 Kampung Iklim Binaan .

” Untuk Kabupaten Garut Sendiri tiap tahunnya menargetkan antara 10 s/d 20 Kampung Iklim yang menjadi Binaan ” ujarnya.

Adapun yang konsen di bina oleh dinas ada di 5 lokasi, diantaranya Cibodas Cikajang, Padaawas Pasirwangi, Banjarsari Bayongbong, Cipaganti Cisurupan, dan Sukanegla dan ada 2 lokasi binaan yang akan di lombakan tingkat Nasional yaitu , Margawati dan Cikajang.pungkasnya.(Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed