oleh

Antisipasi Bencana, PKK Adakan Pelatihan Pemadaman Kebakaran Ringan di Rumah Tangga

BLORA, KAPERNEWS.COM – Untuk mengantisipasi bencana kebakaran skala kecil yang bisa mengakibatkan kerugian harta benda, korban jiwa atau cacat, serta kehilangan usaha yang terjadi di wilayah Kabupaten Blora, Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran ringan yang bertempat di pendopo Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/11/2021).

“Beberapa penyebab kebakaran adalah terbatasnya keterangan dan pengetahuan tentang kebakaran, kelalaian manusia, hewan, kesengajaan dan alam,” kata Kasi Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Blora Agus Haryono, S.ST dalam pemaparannya, Kamis (4/11/2021).

Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora bersama Seksi Pemadam Kebakaran Satpol PP Blora

Dikatakannya bahwa cara memadamkan api adalah dengan menghilangkan salah satu faktor, di antaranya adalah panas, bahan bakar dan oksigen, yang itu bisa menyebabkan reaksi kimia.

“Dengan menghilangkan salah satu faktor tersebut, api tidak akan terbentuk. Kalaupun menyala, api akan segera padam dengan sendirinya,” terangnya.

Selaku Kasi dari Kasi Pemadam Kebakaran Sat Pol PP Blora, Agus sadar bahwa kebakaran tidak akan hilang dari muka bumi karena api adalah bagian dari kehidupan.

“Walau begitu kebakaran dapat dicegah sekecil mungkin bila kita memahami penyebab kebakaran dan langkah tindakan pencegahan. Yang terpenting tidak usah panik, lampu yang menyala biarkan menyala tidak usah dimatikan, tutup selang yang bocor dengan kain basah. Sebelum menutup pastikan wajah dan tangan kita aman untuk mengantisipasi semburan api. Caranya menutupnya dari punggung api,” terangnya.

Agus menambahkan bahwa sarana Fire Protection (APAR, Hydrant, dll) yang tersedia tidak akan menghasilkan sesuatu yang optimal bila tidak didukung operator yang terampil.

“Kebakaran dapat terjadi di manapun, kapanpun, dan pada siapapun. Pencegahan kebakaran merupakan langkah yang paling efisien dan efektif karena dilakukan sebelum kehadiran api sehingga kerugian harta benda dan jiwa dapat dihindari. Untuk menghindari resiko kebakaran, bila rumah ditinggal pergi keluar, sebaiknya selang regulator tabung gas dilepas,” jelasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed