oleh

Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bandung Barat, Posyandu Mekar Tanjung 6 Wakili Kecamatan Cililin

KBB, KAPERNEWS – Terpilihnya Posyandu Mekar Tanjung 6 Desa Karang Tanjung menjadi perwakilan Kecamatan Cililin dalam lomba Poyandu tingkat Kabupaten Bandung Barat membuat Yudi Herdian selaku Sekretaris Desa Karang Tanjung merasa bangga, hal tersebut diungkapkannya saat ditemui kapernews.com usai penilaian di gedung HBS Cimareme, Selasa (16/03).

“Sebagai ketua Pokja Posyandu merasa bangga bisa mengikuti lomba Posyandu tingkat kabupaten, itu bisa menjadi pemicu semangat buat posyandu itu sendiri yaitu Posyandu Mekar Tanjung 6. Juga sebagai tolak ukur keberhasilan ataupun mungkin ada sesuatu kekurangan bisa kita liat apa gimana, keberhasilannya apa untuk kita tingkatkan dan untuk masih ada yang kurang harus kita tingkatkan lagi,” jelasnya.

Tujuannya sendiri, sambung Yudi, itu kembali lagi untuk kesejahteraan masyarakat, yang utama sekarang kan untuk menangani Covid-19 dan juga yang paling penting masalah stanting balita, jadi lebih diutamakan untuk stanting.

“Jadi istilahnya dari lomba ini ada semangat ada juga peningkatan dari Posyandu yang ikut bisa menular ke yang lain untuk bisa ikut lomba juga gitu, seperti halnya Posyndu yang mewakili desa Karang Tanjung,” ungkapnya.

Sementara terkait persiapan, Yudi yang juga merupakan Ketua Pokja Desa mengaku pihaknya memaksimalkan semua elemen-elemen ditingkat desa, lembaga-lembaga yang lain untuk bisa membantu apa saja yang akan dilombakan untuk bahan-bahan di lomba Posyandu kali ini termasuk jua persiapan di lokasi untuk Posyandu Mekar Tanjung 6.

“Itu kan kalau masuk 6 besar atau 3 besar harus ada recheking ke lokasi, jadi isi laporan yang dilaporkan kita ke kabupaten di lomba itu harus sesuai dengan apa yang nanti di cek,” terangnya.

“Yang diharapkan peningkatan kapasitas dari kader-kader Posyandu bisa meningkat dengan adanya lomba, terpicu, trus pelayanan ke masyarakat juga semakin ditingkatkan, yang utama kita bisa bebas dari pandemi biar lebih enak, sekarang ada apa-apa kita lihat zona dulu, tidak bisa langsung melaksanakan Posyandu,” pungkas Yudi menambahkan.

Terpisah, Lasmawati Sekretaris TP PKK Desa Karang Tanjung mengungkapkan, selaku warga masyarakat terutama kader merasa bangga dan merupakan suatu kehormatan bagi kader-kader Posyandu Mekar Tanjung 6 ikut dalam lomba tingkat Kabupaten Bandung Barat, dan merupakan apresiasi juga mungkin dari kecamatan.

“Tapi proses ini bukan semata-mata Karang Tanjung harus dapat, ini ada prosesnya ada penilaian dari tingkat kecamatan 10 Desa dan Alhamdulillah Desa Karang Tanjung ditetapkan sebagai wakil untuk maju ke tingkat Kabupateen Bandung Barat,” jelasnya.

Lebih lanjut ia berharap, tentunya harapannya untuk lomba ini tentunya menang, namun menang kalah itu biasa, tapi pihaknya sudah merasa bahagia karena udah bisa membantu masyarakat dalam melaksanakan Posyandu sesuai dengan tujuan Posyandu adalah memberikan pelayanan terhadap masyarakat di bidang kesehatan.

“Jadi utamanya kebahagiaan kami bahwa kami sudah bisa membantu warga masyarakat kalau menang itu adalah bonus yang utamanya kita bisa berbagi dengan masyarakat, membantu masyarakat,” tandasnya.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed