oleh

Karang Taruna Tumaritis Batujajar Barat Gelar Aksi Donor Darah

KBB, KAPERNEWS – Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat menggelar kegiatan bakti sosial “Aksi Donor Darah” yang bertempat di Blok Sukamaju RW 12 Desa Batujajar Barat, Selasa (19/10/21).

Masa pandemi Covid-19 diikuti dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengakibatkan stok darah di PMI Kabupaten Bandung Barat menipis. Sebagai upaya untuk menambah stok darah, Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat menggelar Donor Darah Sukarela.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Keluarga Donor Darah Sukarela (KDDS) Kabupaten Bandung Barat, Palang Merah Indonesia (PMI) Bandung Barat, Pemdes dan Patriot Desa Batujajar Barat itu tak hanya diikuti pendonor dari Karang Taruna saja, melainkan juga para perangkat desa, lembaga-lembaga desa serta masyarakat umum.

Ketua Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat, Suherman mengatakan, donor darah yang dilakukan Karang Taruna Tumaritis yang bekerjasama dengan KDDS, PMI, Pemdes dan Patriot Desa ini merupakan kegitan donor perdana yang diadakan oleh Karang Taruna, mengingat tahun sebelumnya mengalami masa pandemi Covid-19.

“Dari donor darah ini ditargetkan terkumpul sebanyak 40 kantong darah. Alhamdulillah antusias masyarakat terbilang tinggi apalagi ini merupakan kegiatan donor perdana, adapun jumlah pendonor melebihi target yaitu sebanyak 77 orang pendonor yang mendaftar, tetapi setelah melalui pemeriksaan oleh tim medis, ada 70 orang yang lolos untuk mendonorkan darahnya, sehingga hasil dari donor darah kali ini terdapat 70 kantong,” katanya.

Suherman menambahkan, Karang Taruna Tumaritis Batujajar Barat memiliki banyak kegiatan, baik yang sifatnya kegiatan sosial dan kegiatan rutinan.

“Kegiatan sosial donor darah ini akan menjadi agenda rutin setiap tiga bulan satu kali dengan titik lokasi yang berbeda. Misalnya hari ini di RW 12, kegiatan selanjutnya bisa jadi di RW 03 atau wilayah RW lainnya agar Karang Taruna Unit Keteknisan lebih tersentuh,” tambahnya.

Erfan Hariawan selaku Kepala Desa Batujajar Barat, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat. Mengingat saat ini berdasarkan pemeberitaan yang ada, dengan adanya pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat banyak warga yang membatalkan untuk melakuan donor darah sehingga membuat stok darah di PMI menipis.

“Kegiatan sosial aksi donor darah yang dilakukan Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat ini bisa diikuti oleh Karang Taruna-Karang Taruna lainya. Karena suplai darah pasti selalu dibutuhkan oleh rumah sakit-rumah sakit. Yang jadi soal, di masa pandemi Covid-19 justru pendonor darah makin menurun,” ujarnya.

Sementara itu, Yudi Nurul Ihwan Fasilitator Patriot Desa Jawa Barat berharap agar para pemuda melakukan kegiatan yang positif dan produktif.

Menurut Yudi, kegiatan kolaborasi antara Patriot Desa dan Karang Taruna Tumaritis ini bukan kali pertamanya, sudah beberapa kali kita melakukan aksi kolaborasi seperti kegiatan buka bersama di Bulan Ramadhan, santunan untuk lansia dan dhuafa, peneneman 1.000 pohon serta kerjasama di bidang konten kreator.

“Saya harap kedepannya Karang Taruna Tumaritis tetap konsisten dalam memberi kebermanfaatan kepada masyarakat serta tetap melahirkan generasi-generasi unggul khususnya pemuda-pemudi di Desa Batujajar Barat,” harapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Indrawan Wibisana warga RW 10 Desa Batujajar Barat meluapkan kegembiraannya bersyukur adanya kegiatan donor darah di desanya.

“Alhamdulillah, saya selaku warga Desa Batujajar Barat berterima kasih kepada Pemdes, Karang Taruna, KDDS, PMI Kabupaten Bandung Barat dan Patriot Desa yang sudah memfasilitasi donor darah, kini saya tidak perlu jauh-jauh untuk berangkat ke tempat donor, dengan melakukan donor darah rutin setiap tiga bulan satu kali manfaatnya sangat luar biasa,” pungkasnya.

(KAMIL/YNI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed