oleh

Terima Kunjungan UNS Surakarta, LPPM IPB University Siap Berkolaborasi

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB University menyambut kehadiran tamu dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang melaksanakan kunjungan ke kampus IPB Dramaga pada Jumat, (3/12/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Rektor IPB Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB Bidang Sumberdaya, Perencanaan, dan Keuangan Agus Purwito, dan Kepala LPPM IPB Ernan Rustiadi  turut menyambut kedatangan UNS.

Kemudian Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Sofyan Sjaf dan Ketua KKNT LPPM IPB Ninuk Purnaningsih turut mendampingi.

Pada Kunjungan tersebut turut hadir juga Wakil Rektor 1 UNS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ahmad Yunus, Ketua Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS Sigit Prastowo, Ketua Unit Pelaksana KKN UNS Sudibyo, dan didampingi oleh Sekertaris serta para staf dari Bidang UP KKN, Tim Akademik dan Kemahasiswaan, serta perwakilan dari setiap fakultas.

Drajat Martianto dan Agus Purwitro menyambut kehadiran para tamu dari UNS. Keduanya senang dengan kehadiran UNS dalam kunjungan tersebut. Kemudian juga memberikan apresiasi yang tinggi atas ketersediaan waktunya untuk berkunjung ke IPB University. 

Sofjan Syaf membuka acara dengan memberikan sambutan. Penggagas Data Desa Presisi ini menyampaikan beberapa program unggulan serta evaluasi dari kegiatan pengabdian masyarakat yang selama ini telah terlaksana oleh LPPM IPB University. 

“Kami telah sukses dalam melaksanakan KKN yang dijalankan di masa pandemi ini dengan gagasan KKN Tematik Domisili. Mereka (mahasiswa) melaksanakan kegiatan KKN di domisili dan rumah mereka, sehingga menghasilkan 217 mitra kerjasama dengan wilayah setempat dan lembaga daerah,” tuturnya. 

Ia juga memaparkan beberapa program unggulan pengabdian kepada masyarakat yang telah terselenggara di tahun 2021 oleh LPPM IPB University.

“Di IPB University kami menyebut pengabdian masyarakat dengan istilah ‘IPB Mengabdi’ yang di dalamnya terdapat kluster kegiatan di antaranya adalah Mahasiswa Mengabdi, Dosen Mengabdi, Alumni Mengabdi, IPB Quick Response, dan IPB Sapa Desa yang seluruh kegiatanya sudah terintegrasi dengan data yang valid dan akurat dari Data Desa Presisi lingkar kampus,” terangnya.

Kemudian Ninuk Purnaningnsih menawarkan kepada UNS untuk ikut terlibat dalam program gagasan yang akan menjadi konsep program nasional.

“Gagasan KKN-Tematik yang berhasil kami rancang, kedepan akan kita bawa ke level nasional sebagai tawaran konsep KKN-Tematik yang telah sesuai dengan MBKM, dengan melibatkan hampir 26 Universitas, dan kita akan tawarkan UNS bersedia untuk mendukung ini,” katanya.

Wakil Rektor 1 UNS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ahmad Yunus menyambut baik tawaran yang diberikan oleh IPB untuk dapat terlibat dalam gagasan KKN-Tematik ini. 

“Kami menyambut baik gagasan ini dan kami siap mendukung kerja ini dalam membangun program KKN-Tematik di seluruh kampus, karena tujuan kami adalah bagaimana peran kampus di wilayah domisili mahasiswa dapat memberikan dampak sehingga program pengabdian dapat berkelanjutan,” tuturnya.

Ketua Tim MBKM UNS Sigit Prastowo dan Ketua Unit Pelaksana KKN UNS Sudibyo menyampaikan kesiapannya dalam melaksanakan kegiatan KKN-Tematik yang diselenggarakan secara serentak dengan IPB University. 

“Kami akan sesuaikan jadwal untuk pelaksanaakn kegiatan KKN-Tematik UNS dengan IPB sehingga setiap mahasiswa UNS yang berdomisili di Bogor dapat mengikuti kegiatan KKN di IPB begitu juga sebaliknya,” pungkasnya. (Ninuk Purnaningsih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed