oleh

Kunjungi Lokasi Mitra di Kota Bontang, Tim KKNT IPB University Disambut Baik

BONTANG, KAPERNEWS.COM – Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IPB University yang diwakili oleh Dr. Ir. Ninuk Purnaningsih, M.Si dan Dr. drh. Koekoeh Santoso melakukan kunjungan ke Kota Bontang, Kalimantan Timur pada 13-14 Desember 2021.

Kunjungan pada hari pertama, Senin (13/12/2021) dilakukan ke PT Aruna selaku mitra KKNT IPB University. Tim KKNT IPB University mendatangi Aruna Miniplant, Kampung Nelayan Selambai. Aruna Miniplant sendiri merupakan sebuah gudang tempat transaksi dengan nelayan setempat sekaligus penyimpanan rajungan dan lobster.

Staf PT Aruna Imron, Muayyana Hakke, dan Nur Indah Sari tampak menyambut tim di pintu masuk Kampung Nelayan Selambai. Inti dari kunjungan tersebut adalah diskusi terkait keberhasilan program KKNT dan kolaborasi lanjutan yang bisa dilakukan kembali.

Mahasiswa KKNT berhasil melakukan banyak program di Kampung Nelayan Selambai seperti literasi keuangan, social mapping, diversifikasi produk pangan, sosialisasi vaksinasi dan protokol kesehatan. Kampung Nelayan Selambai dinilai pas untuk diajak kerjasama dengan PT Aruna karena banyaknya nelayan yang menghasilkan tangkapan rajungan dan lobster.

Salah satu program KKNT yang berkolaborasi langsung dengan PT Aruna yaitu literasi keuangan. Bersama 10 nelayan dan 1 picker dari PT Aruna, mahasiswa KKNT berhasil membuat kelompok menabung, yang disebut Kelompok Koperasi Mandiri Maritim Maju Lestari Loktuan.

“Hal menarik terjadi ketika kunjungan dilakukan, di mana ada nelayan rajungan bernama Bapak Suwardi yang melakukan transaksi rajungan dan menanyakan apakah uang hasil tangkapannya telah dipotong untuk tabungan di koperasi tersebut. Hal ini bisa menggambarkan bahwa kesadaran masyarakat sedikit demi sedikit telah ada terkait pentingnya menabung,” kata Dr Ninuk Purnaningsih, Sabtu (18/12/2021).

Setelah dari Aruna Miniplant, Tim KKNT IPB University melanjutkan kunjungan ke Kantor Kelurahan Loktuan. Kunjungan ini untuk mengetahui respon masyarakat terhadap program-program yang dilakukan mahasiswa KKNT. Widya, selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa menanggapi kegiatan KKNT ini dengan baik.

“Kami apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada KKNT IPB University yang sudah peduli dan memilih Selambai untuk dijadikan tempat KKN,” ujarnya.

Harapan Kelurahan Lok Tuan untuk KKNT IPB University selanjutnya yaitu membantu dalam merancang desa wisata di Kampung Selambai dengan melakukan pemberdayaan masyarakat terkait kerajinan tangan yang bisa menjadi ciri khas Kampung Selambai.

“Di Kampung Selambai itu sebenarnya juga sedang menyiapkan destinasi wisata, mungkin kedepannya bisa ditambahkan programnya terkait pengembangan destinasi wisata yang pas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, boleh dari kerajinan tangan, oleh-oleh, dan lain sebagainya mungkin bisa ditambahkan,” kata Widya. (MHT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed