oleh

Balai Garuda Kamandaka Diresmikan, Ini Kata Camat Lembang dan Kades Gudangkahuripan

KBB, KAPERNEWS – Gedung Balai Garuda Kamandaka yang berada di wilayah Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat diresmikan pada Minggu (30/1).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Kamandaka disaksikan langsung ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat, Camat Lembang, Kepala Desa Gudangkahuripan, Kepala Desa Lembang dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Camat Lembang Herman Permadi menyambut gembira dan mengucapkan selamat atas diresmikannya balai Garuda Kamandaka.

“Mudah-mudahan balai ini menjadi satu tempat yang bisa membantu melestarikan seni dan budaya,” ungkapnya saat ditemui sejumlah awak media usai acara.

Seperti kita ketahui, sambung Herman, saat ini kondisi kita banyak sekali pengaruh-pengaruh dari luar, terutama anak-anak muda saat ini menjadi tantangan kedepan.

“Mudah-mudahan balai garuda Kamandaka ini menjadi tempat untuk menempa, membimbing, melatih para generasi penerus agar mereka lebih mengenal kembali, lebih mencintai terhadap seni budaya yang ada di Indonesia” tambahnya berharap.

Lebih lanjut Herman mengungkapkan, Indonesia ini dibangun daripada Kebineka Tunggal Ikaan, keberagaman seni budaya yang ada, ini menjadi satu kekuatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan Jati Dirinya. Ini kita bentuk keprihatinan saat ini ada pengaruh-pengaruh yang mengikis karakter Jati Diri bangsa Indonesia, terutama tadi pengertian mereka terhadap seni budaya itu lebih menyenangi budaya-budaya dari luar.

“Sehingga dengan meresmikannya balai garuda Kamandaka ini bisa memberikan suatu pengaruh yang baik memberikan dampak yang baik, mungkin dilingkup sekitarnya maupun nanti keseluruhan kecamatan Lembang,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Gudangkahuripan, Agus Karyana menyatakan, diresmikannya balai garuda Kamandaka salah satunya ingin lebih mengedukasi terhadap bentuk budaya, terutama budaya sunda. Juga akan memberikan edukasi tentang makna dari kesatuan dan persatuan di NKRI ini.

“Tentunya pemerintah desa sangat mendukung terhadap Yayasan Kamandaka yang memang mempunyai inisiasi untuk lebih meningkatkan nilai-bilai budaya dan tentunya dalam setiap momen kegiatan akan disinergikan dengan program desa. Jadi kita kan puna sarana olah raga lapangan Sinape yang setiap Minggu kita adakan lari dan pasar tumpah, nanti pada setiap hari Minggu di Balai Garuda Kamandaka juga akan diadakan kegiatan seni,” terangnya.

Lebih jauh Agus mengaku jika dirinya sudah berkomunikasi dengan Plt. Bupati Bandung Barat tentang rencana peresmian Kampung Pancasila.

“Barusan saya sudah berkomunikasi dengan pak Plt. Bupati Bandung Barat, insya alloh nanti pada saat milad Desa Gudangkahuripan yang ke 43 juga akan diresmikan menjadi Kampung Pancasila,” ujarnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi harapan kedepan terutama untuk memberikan edukasi terhadap generasi muda, khususnya Gudangkahuripan, umumnya Kabupaten Bandung Barat mengenai harus mempertahankan tradisi nilai budaya, terutama budaya sunda,” pungkasnya menambahkan.

Pantauan kapernews.com di lokasi acara yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini diisi dengan sejumlah acara. Terlihat juga Plt. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan tampak hadir sekitar pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Balai Garuda Kamandaka tersebut nantinya dapat dipergunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan dan gratis, juga dilengkapi dengan fasilitas taman baca dan lainnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed