oleh

Warga Memprotes Pembuangan Limbah Kotoran Ayam di TPA Dengung

LEBAK, KAPERNEWS – Keberadaan salah satu Perusahaan Ternak Ayam, yang membuang Limbah Kotoran ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Kampung Dengung, Desa Sindang Mulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak Banten, mendapat penolakan dan Protes dari Warga setempat, salah satunya Juli.

Saat ditemui Kapernews.com pada Jumat (4/2), Juli mengaku sangat menyangkan adanya pembuangan limbah kotoran ayam tersebut, karena di khawatirkan akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitar, dari mulai Bau, hingga penyakit, antara limbah kotoran dengan limbah rumahan akan berbeda meski sama-sama limbah dan menimbulkan bau.

“Saya sangat menyangkan dengan adanya salah satu perusahaan ternak ayam yang membuang limbah kotorannya ke TPA Dengung, karena selain baunya sangat menyengat kita khawatir akan menimbulkan penyakit. Apalagi di musim penghujan seperti ini,” ujarnya.

Apalagi, sambung ia, baik pihak perusahaan maupun pengelola TPA atau Dinas terkait tidak memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar jika TPA Dengung tersebut akan di jadikan tempat pembuangan Limbah Kotoran Ayam. Padahal menurut informasi yang dirinya dapatkan, perusahaan tersebut adalah perusahaan rekanan Pemerintah Dinas terkait (Dinas Lingkungan Hidup/Red).

“Mestinya, jika mau membuang limbah Kotoran Ayam di TPA tersebut, pihak Perusahaan maupun Dinas Lingkungan Hidup terlebih dahulu melakukan kajian tentang sistem pengelolaan dan dampakya secara menyeluruh dan mensosialisasikannya kepada masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat tidak merasa terganggu dan khawatir, baik oleh baunya maupun didak khawatir akan adanya dampak penyakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Juli menerangkan jika dirinya bersama masyarakat sekitar tentu sangat menolak dengan keras, terhadap pembuangan Kotoran Ayam yang di buang ke TPA yang mengeluarkan bau yang menyengat.

“Kepada pihak pemerintah saya berharap agar pemerintah melalui DLH Kabupaten Lebak bisa lebih bijak dan lebih memikirkan nasib kesehatan masyarakat sekitar didalam melakukan pembuangan Limbah di TPA Dengung ini. Sementara untuk Kotoran Ayam yang sudah terlanjur di buang ke TPA saya berharap kepada pihak Perusahaan maupun TPA bisa membuangnya kembali ke tempat lain,” tandasnya dengan nada geram.

Sampai berita ini diterbitkan, kapernews.com masih berupaya untuk mengonfirmasi pihak perusahaan maupun Pemerintah (DLH/Red) terkait hal tersebut.

(RAI KUSBINI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed