oleh

Bukti Pengabdian TNI Kepada Bangsa dan Negara Melalui TMMD Ke 114 Di Kabupaten Lebak Banten

LEBAK, KAPERNEWS – Meski Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari Ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Seperti, Operasi militer untuk perang, Operasi militer selain perang,  Mengatasi gerakan separatisme bersenjata, Mengatasi Pemberontakan Bersenjata, Mengatasi Aksi Terorisme, Mengamankan wilayah perbatasan, Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis, Melaksanakan tugas perdamaian Dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri, Mengamankan Presiden dan wakil presiden beserta keluarganya, Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, Membantu tugas pemerintahan di daerah, Membantu kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang No. 34 Tahun 2004.

Namun hal itu tidak membuat TNI berpangu tangan dalam membantu Pemerintah dan Masyarakat agar makin maju,  baik dalam bidang ekonomi maupun Infratuktur bagi masyarakat, terutama bagi daerah yang masih tertinggal. Melalui Program Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) ke 114 Tahun 2022, itu membuktikan bahwa TNI bukan hanya sebagai Alat Negara atau  pelindung Negara dan tumpah darahnya, namun TNI sangat pro aktif dalam memajukan insfratuktur dan perkebangan ekonomi masyarakat, terutama masyaraat yang daerahnya masih tertinggal.

Seperti yang terpantau Kapernews.com. Kodim 0603 Lebak berjibaku melaksanakan kegiatan TMMD baik Fisik maupun Non Fisik, seperti pengerjaan pengerasan Jalan  yang menghubungkan Kecamatan Cimarga dengan  Kecatan Cileles, dengan panjang 4,480 meter dengan lebar 3 Meter, Pembuatan drainase jalan sepanjang 4.480 meter. Pemasangan 4 Titik gorong – gorong. Pemasangan Box Culvert 1 Titik, Satu Unit Pos Kamling dan Satu Unit Tugu TMMD.

Selain pekerjaan Fisik, TMMD ke 114 juga melaksanakan kegiatan non fisik sepert, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Penyuluhan KB, Penyuluhan Reboisasi, Penyuluhan Konservasi, Bahaya Narkoba, Penyuluhan Hukum tentangg prioritas masyarakat, Dampak Pembangunan Aspek Penerapan Hukum, Penyuluhan Tanam Jagung, Penyuluhan Kekerasan Terhadap Anak dan Keluarga, Penyuluhan Mitigasi Bencana, Penyuluhan Stunting dan Covid-19, Penyuluhan Pos Bindu PTM. Dengan melibatkan Anggota TNI AD sebanyak 97, TNI AL 10, Polri 27, Pemda 16, serta 50 orang masyarakat.

Usai memantau kegiatan fisik Kapernews.com, memantau kegiatan non fisik yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Cileles Kecamatan Cileles pada 28/7/2022 dengan agenda Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, yang di buka langsung oleh Satuan Tugas TMMD, Perwira Seksi Teritorial ( Pasiter ) Kodim 0603 Lebak, Kapten Inf Subagio, didampingi Kapten Czi Wisnu sanjaya, dan di hadiri oleh Kepala Desa Cileles serta masyarakat

Saat di konfirmasi Kapernews.com.Komandan Satgas TMMD Letkol Arh Erik Novianto, yang di wakili oleh Kapten Inf Subagiao, mengatakan, sosialisasi itu sendiri merupakan bentuk kegaiatan non fisik yang dilakukan pada TMMD ke-114.

“Kita ingin kegiatan non fisik dari TMMD ini dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan bela negara kepada para warga di Cileles ini, karena hal itu sangat penting sebagai modal generasi muda untuk menghadapi masa depan yang semakin berkembang tanpa menghilangkan rasa gotong royong maupun tekad mempertahankan keutuhan bangsanya.”Ungkapnya

Demikian pula dalam kehidupan bermasyarakat, hendaknya menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan menghargai, tertib sehat di lingkungan, serta menghayati ajaran agama dan kasih sayang antarsesama dalam upaya mengisi kemerdekaan.

Mengisi kemerdekaan bukan berarti kita harus menjadi tentara atau lainnya, akan tetapi sebagai warga negara kita harus memiliki kewajiban supaya negara kita tetap utuh dan semangat ini, harus terus kita sampaikan kepada anak-anak kita karena banyak di antara mereka sudah agak luntur rasa bela negaranya,” Kata Letkol Arh Erik Novianto yang di sampaikan Pasiter Kapten Inf Subagyo.

Dengan pemberian materi ini, diharapkan masyarakat mampu mengambil nilai-nilai, tujuan, dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan bela negara agar sebagai generasi penerus bangsa mampu mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kita juga harap masyarakat mampu melestarikan budaya bangsa, menjalankan nilai-nilai Pancasila, dan UUD 1945 serta mampu menjaga identitas dan integritas,” Pungkasnya.

(RAI KUSBINI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed