oleh

Mahasiswa IPB University Paparkan 6 Program Selama KKN-T di Desa Sukajadi Bandung

BANDUNG, KAPERNEWS.COM – IPB University saat ini tengah menurunkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan pengabdian melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung menjadi salah satu lokasi KKN-T mahasiswa IPB University.

Di desa ini ada 10 mahasiswa IPB University yang berasal dari berbagai bidang jurusan seperti kehutanan, pertanian, kelautan, sains komunikasi dan pengembangan masyarakat, teknologi pangan, dan ilmu gizi. Mahasiswa juga berasal dari berbagai daerah mulai dari Jakarta, Tangerang Selatan, Sulawesi, Medan, Bogor, Bandung, Bengkulu, Solo, dan Gresik.

Pada 1 Juli 2022, tim KKN-T IPB University di Desa Sukajadi menggelar lokakarya. Lokakarya ini dihadiri oleh mitra-mitra sesuai program yang sudah dirancang, antara lain Puskesmas Sukajadi, SD Pamoyanan, Kader Posyandu RW 6 dan RW 11, Ketua Tim Penggerak PKK, bidan desa, Kelompok Tani Mandala, dan ketua karang taruna.

Selain mitra program, lokakarya KKN-T IPB University dihadiri juga oleh Camat Soreang Yudi A Fadillah dan dosen pembimbing lapang Resa Ana Dina.

Dalam lokakarya tersebut, mahasiswa IPB University memaparkan program-program yang akan dilaksanakan selama periode KKN-T di Desa Sukajadi. Pemaparan program dilakukan oleh Koordinator Desa Sukajadi.

Setelah melakukan observasi selama satu pekan, ada 6 program utama yang telah dirancang. Keenam program tersebut antara lain budidaya maggot, agrowisata, ASI eksklusif, kader lingkungan, literasi, dan digitalisasi website.

“Dari 6 program tersebut, dua di antaranya adalah program yang berkaitan dengan masalah utama mengenai persampahan yang ada di Desa Sukajadi yaitu budidaya maggot dan kader lingkungan,” kata Khawariz, salah satu anggota tim KKN-T IPB University di Desa Sukajadi.

Program-program lain yang akan dilaksanakan antara lain adalah agrowisata yang dirancang sebagai pertumbuhan roda perekonomian petani di Desa Sukajadi khususnya Kampung Cihonje, ASI eksklusif yang ditujukan kepada ibu hamil agar 6 bulan pertama bayi mendapat asupan asi yang baik.

Kemudian program literasi ditujukan pada SD Pamoyanan yang berbentuk pengajaran dongeng dan puisi pada siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6, dan digitalisasi website yang bertujuan untuk mengupdate data di Desa Sukajadi.

Pada lokakarya tersebut, mahasiswa IPB University juga menampung aspirasi, keresahan, serta saran dari elemen masyarakat terkait pemaparan program yang telah dijelaskan sebelumnya. (MHT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed