oleh

Jelang Pemilu 2024, DPD PAN KBB Persiapkan Saksi Handal

BANDUNG BARAT, KAPERNEWS – Mempersiapkan saksi yang kompeten dan handal, DPD PAN Kabupaten Bandung Barat menggelar ToT (Training Of Trainer), di aula Desa Ngamprah, Minggu (18/9).

Para pelatih calon saksi pada pemilu 2024 yang akan datang ini dilatih dan diberikan sejumlah materi oleh para pelatih yang sebelumnya mengikuti ToT saksi Partai Amanat Nasional pada tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bandung Barat, Asep Bayu Rohendi mengatakan, DPD PAN Kabupaten Bandung Barat melaksanakan ToT untuk ditingkat kecamatan, dimana sebelumnya beberapa bulan lalu DPD PAN KBB mengirim anggota PAN KBB ke DPW PAN Jawa Barat untuk mengikuti ToT.

“Kami mengirim anggota kami kesana untuk dilatih dan alhamdulillah setelah Bintek disana mereka ditugaskan di Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya.

Sambung pria yang akrab disapa ABR, ToT tingkat kecamatan digelar tujuannya adalah untuk melatih calon-calon saksi yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

“Kalau kita melihat histori ke belakang adalah 5.088 saksi jadi kita alhamdulillah sudah menyiapkan saat ini sudah masuk ke tingkat desa. Nantinya mereka akan menjadi moderator turun ke tiap desa masing-masing,” jelasnya.

Adapun pelatihan yang diberikan, menurut ABR, yakni cara-cara dan syarat-syarat menjadi saksi, adapun materinya sesuai peraturan KPU. Pada intinya Bintek ini dilakukan agar saksi-saksi kita ini militan di 2024.

“Kita membentuk saksi di tiap TPS yaitu untuk mengantisipasi kecurangan-kecurangan, dan untuk mengamankan suara para caleg-caleg Partai Amanat Nasional yang ada di Kabupaten Bandung Barat,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Perwakilan DPW PAN Jawa Barat, Santi menyatakan tujuan mengadakan pelatihan trainer ini adalah untuk menciptakan saksi-saksi yang handal.

“Bagaimana nanti kita memenangkan PAN di 2024 tentunya kita harus memiliki saksi yang berkualitas dan mampu untuk menghadapi segala permasalahan dilapangan. Karena problema saksi ini sangat banyak dilapangan, sehingga saksi-saksi dari PAN tentunya sangat perlu untuk dibekali terkait materi, terkait bagaimana permasalahan dilapangan, sehingga kami rasa pelatihan ToT saksi ini bermanfaat untuk saksi dilapangan,” paparnya.

Kemudian, masih kata Santi, ToT saksi ini dilakukan untuk tingkat kecamatan dan nanti ada turunan ke tingkat desa. Karena memang peran saksi ini sangat penting untuk mengawal suara PAN di 2024 nanti.

“Banyak sekali permasalahan yang timbul pada saat penghitungan suara, salah satunya hilangnya suara. Maka dari itu kita sangat perlu mengawal suara kita sampai ke tingkat baik kecamatan atau KPU tentunya,” terangnya.

“Saksi ini sebagai ujung tombak, harapan kita tentunya saksi ini turut serta mengawal suara PAN dan memenangkan suara PAN di 2024,” tandasnya menambahkan.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed