oleh

Sosialisasi Persiapan Pemilu, KPU KBB Datangi Parpol Hanura

KBB, KAPERNEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat mulai melakukan kunjungan kerja ke setiap Partai Politik yang ada di Kabupaten Bandung Barat, seperti yang terlihat Kamis siang (24/3).

Kali ini, dalam rangka sosialisasi persiapan pelaksanaan pemilu 2024 tersebut KPU KBB melakukan kunjungan kerja ke DPC Partai Hanura Kabupaten Bandung Barat yang beralamat di RT 04/RW 20, Kp. Ciburahol, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat.

“Kami KPU Kabupaten Bandung Barat dalam rangka menjelang awal tahapan nanti diantara bulan Juni-Agustus ini kami melakukan roadshow kunjungan kerja ke partai-partai politik, paling tidak minimal peserta 2019,” Kata Adie Saputro ketua KPU Kabupaten Bandung Barat kepada wartawan.

Ini dimaksudkan, sambung Adie, agar pihaknya bisa mengajak mulai mempersiapkan sejak dini apa yang menjadi ketentuan untuk persiapan pendaftaran dan vefifikasi partai politik pada pemilu 2024 nanti.

“Waktu pendaftaran semua itu satu minggu, sedangkan persyaratan-persyaratan yang harus disiapkan oleh partai politik itu sangat banyak. Kemudian kami mengawali supaya partai politik mempersiapkan lebih cepat tentang persyaratan-persyaratan dari mulai keanggotaan, tentang kepartaian, kantor, bahkan informasi-informasi data-data yang memang seluruh yang dibutuhkan dalam peraturan pemilu 2024,” jelasnya.

“Kami sangat berharap di Bandung Barat, semua partai politik yang mendaftar itu bisa lolos verifikasi semua, termasuk Hanura hari ini kami berharap bahwa tidak ada 1 Parpol pun yang tidak lolos. Maka perlu ada sinergitas, perlu ada koordinasi yang intensif, perlu ada kolaborasi antara kami sebagai penyelenggara pemilu dengan calon peserta pemilu, karena kami meyakiji kalau kami penyelenggara beserta peserta sudah harmonis, sudah sinergis insya alloh pemilu kita akan berhasil dengan lancar, berkualitas, dan sesuai harapan kita bersama-sama,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kanit Politik Sat Intelkam Polres Cimahi, Ipda Maman Maulana Ismail mengatakan jika pihak kepolisian selalu mengawal dari kegiatan KPU untuk sosialisasi dan kedepannya pun kepada seluruh peserta pemilu, penyelenggara pemilu maupun seluruh konstituen.

“Kami tetap akan menjaga keamanan, baik keamanan jiwa masing-masing, keamanan dalam penyelenggaraan, keamanan dalam pelantikan dan keamanan pasca pelantikan. Mudah-mudahan kami berharap aman tertib dan sukses tanpa ekses,” terangnya.

Lebih lanjut Maman berpesan kepada partai politik untuk mengikuti regulasi yang sudah ditentukan. Baik melalui undang-undang pemilu, PKPU dan peraturan-peraturan lain yang mendukung pelaksanaan pemilu.

“Kami juga menghimbau supaya tidak terjadi tindak pidana pemilu, pelanggaran pemilu, supaya menghindari sebagian dari tindak pidana diantara yang paling gampang itu adalah money politik, terus kampanye yang menyangkut ras, kemudian juga menghalang-halangi hak orang lain atau partai lain untuk berkampanye atau pemilih untuk datang ke TPS itu di halang-halangi itu tidak boleh,” tegasnya.

Sementara itu, Gianta Ketua DPC Hanura KBB, merasa senang dan bersyukur DPC Hanura KBB kedatangan KPU KBB dan menjelaskan agar dapat lolos verifikasi dalam tahapan pemilu 2024.

“Alhamdulillah hari ini kita merasa senang DPC Bandung Barat kedatangan KPU Bandung Barat yang menjelaskan bagaimana langkah yang harus ditempuh untuk verifikasi nanti penyelenggaraan pemilu dan hari ini kita hanura akan bersiap-siap untuk melakukan tahapan pemilu. Tujuan kita hanya 1 lolos verifikasi agar bisa ikut pemilu 2024,” ujarnya.

“2024 kita punya target, kita mengembalikan lagi marwah yang hilang 2019 kemarin, kita mengembalikan minimal bisa 4 kursi, 1 provinsi, 1 RI, seperti 2014,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya KPU KBB telah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah partai Politik diantaranya Partai Perindo, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed