oleh

Gerakan Menanam 1.000 Pohon, Peringati Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia

KBB, KAPERNEWS ­- Peringatan Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia berlangsung meriah di Lapang Carik RW 02 Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (12/09/21).

Dalam peringatan tersebut dilaksanakan Gerakan Menanam 1.000 Pohon yang diinisiasi oleh Karang Taruna Tumaritis dan Patriot Desa Batujajar Barat serta dihadiri oleh Pemdes, BPD, LPMD, Kadus, Ketua RT/RW, BUMDes, Bhabinkamtibmas dan masyarakat Desa Batujajar Barat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Desa Batujajar Barat, Erfan Hariawan mengatakan pihaknya selaku Pemerintah Desa berkomitmen untuk selalu menjaga alam karena prinsip kami adalah apa yang kami dapat dari alam harus kami kembalikan lagi ke alam dan itu komitmen kami.

“Salah satu solusi untuk menjaga keseimbangan alam bumi kita, caranya dengan menanam lebih banyak pohon di sekitar. Mungkin tidak bisa kita rasakan langsung hari ini, namun akan menjadi warisan untuk anak cucu kita nanti,” ungkapnya.

Terpisah Suherman selaku Ketua Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat berharap dengan diadakannya Gerakan Menanam 1.000 Pohon ini, masyarakat semakin sadar dan semakin mau untuk kita ajak bergerak bersama-sama dalam melakukan pelestarian lingkungan terlebih dalam rangka untuk menjaga sumber air yang salah satunya dari pohon.

“Kami atas nama Karang Taruna Tumaritis Desa Batujajar Barat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan  Gerakan Menanam 1.000 Pohon ini,” terangnya.

Total sebanyak 4.000 bibit tanaman produktif dengan berbagai macam jenis, seperti sengon, ketapang kencana hingga sirsak yang dibagikan dan ditanam oleh masyarakat Desa Batujajar Barat.

Patriot Desa Batujajar Barat, Yudi Nurul Ihwan berpesan menambahkan, setelah ditanam harus dirawat dengan benar, jangan sampai Gerakan Menanam 1.000 Pohon ini hanya sebatas agenda seremonial belaka. Sebab yang terpenting menjaga dan merawatnya.

“Saya berharap kegiatan Gerakan Menanam 1.000 Pohon ini dapat memberikan kontribusi yang tepat sasaran dan tepat manfaat untuk pelestarian lingkungan dan keberlanjutan masyarakat di Desa Batujajar Barat, serta sebagai upaya konservasi sumber mata air dan juga sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial kita terhadap lingkungan,” jelasnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed