oleh

Tingkatkan Kapasitas Linmas se-Kecamatan Cipatat Jelang Nataru, Satpol PP KBB Berikan Arahan dan Motivasi

KBB, KAPERNEWS – Menghadirkan narasumber dari Satpol PP Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah Kecamatan Cipatat menggelar Peingkatan Kapasitas Linmas (Perlindungan Masyarakat) se-Kecamatan Cipatat jelang Natal dan Tahun Baru.

Dalam acara yang digelar Kamis pagi (23/12) di aula kantor kecamatan ini, puluhan anggota Linmas mendapat pemaparan materi yang langsung disampaikan Kabid Trantib dan Tranmas, serta Kasi Linmas Satpol PP Kabupaten Bandung Barat.

Kabid Trantib dan Tranmas Satpol PP Kabupaten Bandung Barat, Poniman menjelaskan, dalam hal ini pihaknya memberikan pembekalan bagi anggota Linmas yang ada di wilayah Kecamatan Cipatat untuk dilaksanakan pembinaan secara berkelanjutan atau berkesinambungan.

“Di Tahun 2021 ini, se Kabupaten Bandung Barat baru Kecamatan Cipatat yang melaksanakan kegiatan pembinaan. Saya berterima kasih sekali kepada Plt. Camat Cipatat yang saat ini diwakili oleh pak Waskim melaksanakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini, sambung ia, peran serta Linmas di wilayah masing-masing desa ini yang harus kita berikan semangat, berikan dorongan, berikan motivasi supaya mereka tidak berkecil hati karena pandangan masyarakat saat ini terkait Linmas dan Satpol PP adalah lebih ke image yang negatif.

“Coba kita tekankan karena apa, dengan protokol kesehatan sesuai Kemendagri ini peran dan fungsinya titik yang paling bawah adalah peran Linmas itu sendiri,” jelasnya.

Kedua, masih kata Poniman, setelah Linmas nanti ada di Kecamatan di Kasi Trantib, di Kabupaten ada di Satpol PP.

“Ini terutama adalah dalam rangka pemberian motivasi, pemberian tenaga baru dalam rangka Natal dan Tahun Baru demikian untuk dilaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan secara berkelanjutan yang mudah-mudahan saya mengharapkan dari kecamatan-kecamatan lain bersedia atau berkenan melaksanakan kegiatan seperti yang terjadi di Kecamatan Cipatat,” ucapnya.

“Terkait dengan keamanan dan ketertiban saat ini yang harus kita laksanakan dalam waktu waktu dekat adalah Natal, peran kita sebagai umat muslim harus memberikan contoh ke mereka, kita amankan saudara-saudara kita, supaya mereka beribadah saat natal bisa telaksana dengan kondusif,” pintanya.

Lebih lanjut dirinya berharap dimalam tahun baru warga masyarakat se-kabupaten Bandung Barat tetap menjaga protokol kesehatan.

“Gak boleh dan tidak ada tawar menawar dengan hal tersebut. Kami mengharapkan titik yang paling awal ujung tombak kita adalah di peran Linmas, kebetulan Linmas di wilayah Kecamatan Cipatat ada tempat wisata yaitu Goa Pawon dan Stone Garden, saya yakin di malam tahun baru akan terjadi lonjakan orang, kami dari Satpol PP Kabupaten akan melakukan monitoring kerumunan-kerumunan yang sekiranya kapasitasnya berlebihan ya kita akan bubarkan,” tegasnya.

Peran Linmas sendiri menurut Poniman nantinya mengingatkan jangan banyak-banyak kerumunan karena pandemi Covid-19 masih ada, kedua omicron dimana berdasarkan pendapat para ahli adalah penyakit yang lebih cepat menular dibandingkan dengan Covid-19, jenis virusnya berdasarkan informasi para ahli.

“Saya menekankan disaat malam tahun baru hindari atau kurangi kerumunan, memang saat ini kita tidak ada pembatasan apa-apa tapi kami akan monitoring secara terus-menerus terkait dengan malam Tahun Baru ini,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Waskim selaku Kasi Trantib Kecamatan Cipatat, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan semua anggota linmas di wilayah Kecamatan Cipatat dengan materi yang disampaikan oleh Kabid Trantib dan Tranmas, Kasi Linmas Satpol PP Kabupaten Bandung Barat.

“Intinya untuk peningkatan kapasitas linmas di wilayah Kecamatan Cipatat jelang Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

“Saya harapkan menjelang Natal tahun 2021 dan Tahun baru 2022 Linmas bisa berkolaborasi dengan satuan Polisi Pamong Praja yang yang nanti di plot pertitik, pertiap wilayah, yang sudah dijadwalkan, nanti bisa bergabung untuk mengamankan natal dan tahun baru diwilayahnya masing-masing,” singkatnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed