oleh

Bersama Wali Kota Bogor, Mahasiswa KKN-T IPB Meriahkan Pembukaan Mulyaharja Fest 2022

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Mulyaharja adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dengan tagline andalan “Mulyaharja Surga yang Tersisa di Kota Bogor”. Tagline bukan sembarang tagline, Kelurahan Mulyaharja memiliki keindahan wisata yang indah dan menyejukkan, salah satunya Kampung Tematik Mulyaharja Desa Ciharashas yang menawarkan keindahan “Agro Edu Wisata Organik”.

Agro Edu Wisata Organik menawarkan keindahan alam hamparan tanaman padi yang dibudidayakan secara organik tanpa penggunaan bahan kimia, baik dari pestisida ataupun pupuknya. Menurut Ketua Kelompok Tani Dewasa Lembah Duhur, Aneng, budidaya tanaman padi secara organik ini sudah dimulai sejak lama namun baru mendapatkan sertifikasi pada tahun 2014.

“Alhamdulillah hasil kerjasama bersama warga setempat niat baik kami untuk mengembalikan kondisi alam dengan sistem pertanian organik berhasil dan diresmikan sebagai wisata pada tahun 2014. Sekarang alhamdulillah semakin berkembang,” kata Aneng.

Wisata pertanian organik tersebut tidak hanya menawarkan keindahan hamparan padinya saja, namun juga terdapat fasilitas lainnya seperti saung-saung, tempat foto yang instagramable, deretan UMKM yang menjajakan makanan dan minuman, minapadi, akses kamar mandi dan toilet, mushala, dan yang terbaru adalah tempat ngopi.

Tahun ini, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bogor (HJB) ke-540, Kelurahan Mulyaharja menjadi tuan rumahnya yang bertajuk Mulyaharja Fest 2022. Acara ini resmi telah dibuka pada Senin (27/6/2022) oleh Wali Kota Bogor Bima Arya sekaligus launching SaungCoffe.id yang merupakan tempat ngopi pengunjung wisata di Agro Edu Wisata Organik Mulyaharja.

“Mulyaharja ini seperti yang kita gemborkan bersama, merupakan Surga yang Tersisa di Kota Bogor harus kita terus kembangkan. Namun, pesan saya, esensi utama di wilayah ini sebagai lokasi budidaya padi organik jangan sampai tergusur ya,” ujar Bima Arya.

Pembukaan Mulyaharja Fest 2022 dilakukan dengan pelepasan lampion serentak yang jumlahnya kurang lebih ada 500 lampion. Pelepasan ini dipimpin oleh Bima Arya dan diikuti seluruh peserta yang hadir.

Dalam acara tersebut turut andil mahasiswa KKN-T IPB Kelurahan Mulyaharja membantu prosesi pembukaan ajang Mulyaharja Fest 2022, menjadi pendamping pelepasan lampion dan salah satu dari mereka menjadi master of ceremony (MC), yaitu Rimba Basuki.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan ikut bangga bisa berkontribusi mensukseskan acara tersebut. Dan luar biasa, awalnya kaget dan cukup deg-degan saat diminta menjadi MC, namun alhamdulillah lancar, harapannya next event di tanggal 2-5 Juli bisa lebih sukses,” ucap Rimba.
“Senang juga tadi dari rekan-rekan ada yang mendapatkan doorprize dari quiz-nya pak wali kota,” tambah mahasiswa IPB asal Lampung ini.

Setelah pelepasan, agenda dilanjutkan dengan ngariung bersama warga dan pembagian doorprize. Sontak meriah sekali kegiatan berjalan dan tentunya rasa syukur penuh haru melihat kondisi pandemi semakin turun sehingga kegiatan semacam ini bisa kembali diselenggarakan.

Acara Mulyaharja Fest 2022 akan dilanjutkan kembali pada tanggal 2-5 Juli, dan pada tanggal 2 Juli akan dilepaskan kembali sebanyak 500 lampion. Tidak hanya itu, sepanjang acara tersebut juga diselenggarakan bazaar UMKM Mulyaharja, nonton layar tancap, lomba senam se-Bogor Selatan, lomba konten video, live music, peragaan busana petani, dan masih banyak lagi rangkaian kegiatan menarik lainnya.

Mulyaharja Fest 2022 terbuka untuk umum, jadi silakan mampir dan ramaikan acara tersebut. Informasi lebih lengkap bisa mengunjungi media instagram: @visitmulyaharja dan @kelurahan_mulyaharja. (Rimba Basuki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed