oleh

Warga Kampung Warung Jambe Sambut Baik Program Sanimas Citarum Harum

KBB, KAPERNEWS – Dihadiri Kasi PMD Kecamatan Cipatat dan Kepala Desa Rajamandala Kulon, Sosialisasi Program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) Citarum Harum yang diikuti puluhan warga RW 09, Kampung Jambe, di madrasah setempat berlangsung lancar, Selasa (09/03).

Ditemui kapernews.com, Ibnu Mahbub selaku Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) menjelaskan, sebagai tenaga fasilitator lapangan pihaknya hanya mendampingi, serta bersama-sama dengan warga khususnya KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) dan KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara) yang sudah dibentuk untuk sama-sama melaksanakan program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Desa Rajamandala Kulon.

“Tahap awal sosialisasi tingkat desa, pembentukan KSM dan pembentukan KPP. Untuk tahap selanjutnya pemetaan sosial melingkupi minimal 70 KK itu di data kemudian TFL tehnik sambil bisa melakukan pengukuran atau jalur perpipaan,” jelasnya.

Setelah itu, sambung ia, dilakukan penyusunan rencana kerja masyarakat yang akan disetorkan ke balai untuk tahap penyetoran dana tahap awal.

“Program Sanimas ini salah satunya menekan agar masyarakat juga mempunyai limbah itu sesuai dan pada tempatnya. Yang pasti untuk program Sanimas Citarum Harum ini untuk meminimalisir, menekan resiko penyebaran penyakit dan pencemaran air dilingkungan masyarakat,” terangnya.

Sejauh ini Ibnu melihat antusias masyarakat sangat baik merespon program Sanimas, termasuk perangkat pemerintah desa maupun kecamatan juga merespon sangat baik.

“Terselenggaranya program ini dengan sukses ya tentu perlu keterlibatan masyarakat secara serius, baik dari tahap persiapan, perencanaan, kemudian juga pelaksanaan, yang lebih penting barangkali pasca dari pelaksanaan itu, jadi bagaimana ipal komunal ini nanti bisa terpelihara sehingga akan terpakai lama,” tandasnya.

Terpisah Kepala Desa Rajamandala Kulon Alit Nurmansyah mengaku setelah mendengar sosialisasi tentang sanitasi yang akan dilaksanakan di RW 09 Desa Rajamandala Kulon, dirinya sebagai kepala Desa Rajamandala Kulon sangat senang ketika melihat warga merespon baik program tersebut.

“Mudah-mudahan ini kan sebagai program desa juga, dengan adanya ini mudah-mudahan di wilayah RW 09 khususnya mendapat program sanitasi ini menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Desa Rajamandala Kulon ini,” tandasnya.

(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed